Polda Kepri-Abujabi Bersinergi Wujudkan Suasana Kondusif Selama Lebaran

769
Pesona Indonesia
Jajaran Polda Kepri, unsur pimpinan TNI, Kepala Satpol PP Pemko Batam dan anggota Abujabi Kepri foto bersama usai apel siaga pengamanan lebaran di Dataran Engku Putri Batamcentre, Senin (27/6). Foto: Iman Wachyudi/ batampos.co.id
Jajaran Polda Kepri, unsur pimpinan TNI, Kepala Satpol PP Pemko Batam dan anggota Abujabi Kepri foto bersama usai apel siaga pengamanan lebaran di Dataran Engku Putri Batamcentre, Senin (27/6). Foto: Iman Wachyudi/ batampos.co.id

batampos.co.id – Satuan pengamanan (satpam) yang tergabung dalam Asosiasi Badan Usaha Jasa Pengamanan Indonesia (Abujapi) Provinsi Kepri siap membantu pihak Kepolisian dalam mengamankan jalannya perayaan lebaran tahun ini.

Kesiapan tersebut dapat dilihat saat Polda Kepri melalui Direktorat Pembinaan Masyarakat (Dir Binmas) bersama Badan Pengurus Daerah (BPD) Asosiasi Badan Usaha Jasa Pengamanan Indonesia (Abujapi) Provinsi Kepri melakukan apel siaga pengamanan lebaran di Dataran Engku Putri Batamcentre, Senin (27/6).

Sebanyak enam Badan Usaha Jasa Pengamanan (BUJP) dilibatkan dalam apel tersebut, dengan menurunkan 780 personel satuan petugas keamanan. “Ini merupakan kegiatan rutin yang dilakukan menjelang dan saat lebaran, seperti pengamanan pusat perbelanjaan, tempat ibadah, perumahan, kawasan industri juga tempat-tempat keramaian lainnya demi memberikan rasa nyaman bagi masyarakat,” kata Direktur Binmas Polda Kepri, Kombes Pol Sunarwan Sumirat.

Lebih lanjut Sumirat mengatakan, Satpam selalu berkiprah membantu tugas kepolisian dalam mewujudkan keamanan dan ketertiban di wilayah kerjanya masing-masing. “Satpam adalah mitra polisi yang mengemban fungsi wewenang kepolisian terbatas dalam menjaga keamanan. Untuk itu agar lebih waspada lagi dan meningkatkan pengawasan dalam bertugas. Jalin komunikasi dan koordinasi dengan kepolisian,” kata Sumirat.

Lebih lanjut Sumirat mengatakan, lebaran tidak hanya keagamaan tapi sudah menjadi tradisi. Terjadi peningkatakan aktivitas seperti arus mudik, transaksi ekonomi, peningkatan harga, dan lainnya. “Itu menimbulkan kerawanan. saya harap satpam harus menciptakan rasa aman bagi warga. Lakukan tugas sungguh-sungguh, tingkatkan disiplin, integritas, dedikasi, dan profesionalisme dalam menjalankan tugas,” katanya.

Ketua Pelaksana Apel Siaga Pengamanan Lebaran, Dwifung Wijaya Saputra mengatakan untuk mengantisipasi kerawanan-kerawanan yang mengarah pada tindakan-tindakan negatif pada saat lebaran nanti para satpam yang tergabung dalam Abujapi juga sudah dibekali dengan alat-alat perlengkapan dalam kondisi baik.

“Selain perlengkapan tugas dalam kondisi baik, kami juga selalu mengimbau kepada para satpam agar selalu menyiapkan dan mengasah diri, meningkatkan kemampuan serta berdedikasi dalam setiap pelaksanaan tugas yang diemban dengan bersungguh-sungguh dan ikhlas,” kata Dwifung.

“Meminta para anggota satpam agar lebih aktif patroli secara bergantian untuk antisipasi kejahatan. Selain itu, satpam juga diminta lebih mewaspadai rumah kosong karena rawan pembobolan dan rawan terjadinya kebakaran,” kata pria yang juga Direktur PT Putra Tidar Perkasa ini.

Bahkan kata Ifung, selain memberikan keamanan dan kenyamanan kepada masyarakat, satpam juga memiliki tugas ganda sebagai pelayan kepada karyawan, tamu, pengunjung dan masyarakat di lingkungan kerjanya.

“Seperti satpam di mal-mal, perumahan-perumahan, bank-bank, mereka ini, selain menjaga keamanan dan kenyamanan di lingkungan kerja mereka. Mereka juga memiliki tugas yang lebih lagi seperti melayani karyawan, pengunjung ataupun tamu yang sewaktu-waktu membutuhkan pertolongan mereka, seperti bertanya tentang alamat, atau membantu mencari anak yang terpisah dari orangtuanya seperti yang sering terjadi di mal-mal,” kata Ifung.

Sementara itu, Ketua DPD Abujapi Provinsi Kepri, M Al Ichsan mengingatkan BUJP agar personil satpam melakukan upaya-upaya pencegahan, meminimalisir segala tindak kejahatan agar tidak terjadi. Khusus warga perumahan, Ichsan mengimbau bagi warga yang mau mudik agar melaporkan kepada satpam setempat, Ketua RT, serta tetangga rumah.

“Pastikan rumah digembok agar aman, matikan listrik dan kran air,” ujarnya.

Turut hadir pada apel tersebut Kasubdit Satpam Polda Kepri AKBP Rudi SY Idris, unsur pimpinan TNI, Kepala Satpol PP Pemko Batam, Hendri, dan lainnya. (iwa/ash)

Respon Anda?

komentar