Tersingkirnya Spanyol dan Mitos Kutukan Kostum Putih

1143
Pesona Indonesia

162759_768127_Spanyol

batampos.co.id – Silakan percaya atau tidak, kekalahan Spanyol dari Italia di babak 16-besar dikarenakan mereka mengenakan kostum dengan warna dominan putih.

Di dunia perang, warna putih identik dengan menyerah. Oleh karena itu ada ujar-ujar mengibarkan bendera putih yang berarti menyerah.

Faktanya, setiap mengenakan kostum dengan warna dominan putih, La Furia Roja kerap kandas di turnamen besar. Ke depan, Spanyol harus memikirkan warna untuk kostum kedua selain putih.

Dalam laga kontra Italia, Spanyol memang berstatus tim tandang sehingga harus mengenakan kostum kedua. Sementara, Italia yang berstatus tuan rumah memakai kostum biru kebanggaan mereka.

Jika ditarik ke belakang, Spanyol memang kerap kalah ketika mengenakan kostum dengan warna dominan putih di turnamen besar.

Spanyol tersingkir di babak delapan besar Piala Dunia 1994 setelah kalah dari Italia. Kala itu, La Furia Roja mengenakan kostum putih.

Kemudian pada Piala Dunia 1998, Spanyol secara mengejutkan kalah 2-3 dari Nigeria di fase grup. Kekalahan itu menjadi salah satu faktor mereka gagal lolos dari fase grup. kala itu Spanyol juga mengenakan kostum berwarna putih.

Di Euro 2004, Spanyol gagal lolos dari fase grup setelah dalam laga terakhir kalah 0-1 dari Portugal. Kala itu, Spanyol juga memakai kostum putih.

Cerita serupa terulang di Piala Dunia 2014. Mengenakan kostum putih, Spanyol dipermak Belanda 1-5. Kekalahan itu menjadi salah satu penyebab mereka gagal melaju ke babak berikutnya. (jpnn)

Respon Anda?

komentar