Timpora, Tim yang Bertugas Mengawasi Orang Asing Diresmikan di Bintan

692
Pesona Indonesia
Kepala Kantor Imigrasi Kelas II Tanjunguban, Suhendra menyaksikan Kepala Kanwil Kemenkumham Kepri, Ohan Suryana menandatangani piagam pengesahan Kantor Sekretariat Timpora di Kawasan Kantor Imigrasi Kelas II Tanjunguban di Tanjunguban, Kecamatan Bintan Utara, Selasa (28/6). foto:harry/batampos
Kepala Kantor Imigrasi Kelas II Tanjunguban, Suhendra menyaksikan Kepala Kanwil Kemenkumham Kepri, Ohan Suryana menandatangani piagam pengesahan Kantor Sekretariat Timpora di Kawasan Kantor Imigrasi Kelas II Tanjunguban di Tanjunguban, Kecamatan Bintan Utara, Selasa (28/6). foto:harry/batampos

batampos.co.id – Kantor Imigrasi Kelas II Tanjunguban meresmikan Kantor Sekretariat Tim Pengawasan orang asing (Tim Pora) di Kawasan Kantor Imigrasi Kelas II Tanjunguban di Tanjunguban, Kecamatan Bintan Utara, Selasa (28/6).

Dengan keberadaan Kantor Seketariat Timpora ini bisa mengupayakan secara maksimal dalam mencegah serta meminimalisir dampak negatif seiring meningkatkannya orang asing yang datang ke Indonesia khususnya di Kabupaten Bintan. Beberapa Instansi yang tergabung diantaranya Kesbangpol Bintan, Pemkab Bintan, Polres Bintan, Kajari Tanjungpinang, Lantamal IV Tanjungpinang, Kodim Bintan, Satpolair Polres Bintan, Fasarkhan TNI AL, Intel Lanud AU Bintan, Syahbandar Tanjunguban, KPLP Tanjunguban, Disnaker Bintan, dan BIN

“Kantor Sekretariat Timpora ini dibentuk bertujuan untuk mewadahi komunikasi, koordinasi dan tukar menukar informasi pengawasan keberadaan dan kegiatan orang asing yang dilakukan oleh antar instansi yang masuk dalam Timpora. Serta dengan itu juga bisa dilakukan penegakan peraturan keimigrasian khususnya ataupun peraturan lain pada umumnya demi menjaga keamanan dan kedaulatan negara,” ujar Kepala Kanwil Kemenkumham Kepri, Ohan Suryana.

Timpora ini dibentuk karena ada beberapa permasalahan serius yang terjadi di dunia diantaranya perkembangan trand migrasi dan konstelasi politik yang disertai berkecamuknya perang di beberapa negara telah membawa perubahan terhadap lalu lintas orang keluar masuk wilayah suatu negara. Kemudian juga banyaknya aksi terorisme di beberapa negara termasuk di Indonesia serta telah diberlakukannya Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) dan peraturan pemerintah yang memberikan kebabasan visa kepada 169 negara. Semua isu dunia itu menjadi perhatian aparat pemerintah sesuai dengan tugas dan fungsi masing-masing instansi yang tergabung dalam sekretariat Timpora.

Apalagi Bintan memiliki sektor pariwisata terbesar ketiga se Indonesia. Ini yang menjadi daya tarik orang asing untuk datang ke Bintan. Bahkan sebagian besar orang asing berniat untuk berdomisili di kabupaten ini. Sehingga diperlukan pengawasan dan penjagaan agar kedaulatan serta kesatuan negara Indonesia tetap terjaga.

“Untuk mengeliminasi dampak negatif tersebut perlu tim khusus yang beranggotan dari beberapa badan serta lembaga pemerintahan terkait yaitu Timpora. Tim ini akan melakukan pengawasan orang asing di Bintan maupun Kepri,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Imigrasi Kelas II Tanjunguban, Suhendra mengatakan Timpora sudah sejak lama dibentuk oleh Kantor Imigrasi Klas II Tanjunguban. Hanya saja, selama ini keberadaannya belum secara resmi dikukuhkan.

“Kita berharap dengan diresmikannya Timpora yang beranggotakan dari beberapa instansi ini bisa menjaga, mengawasi dan mengamankan negara Indonesia dari pergerakan orang asing,” ungkapnya. (ary/bpos)

Respon Anda?

komentar