Visa Tinggal 6 Bulan Lagi, 28 TKA Diperingatkan Dinsosnakertrans

1161
Pesona Indonesia
Paspor Tenaga Kerja Asing (TKA) sedang diperiksa pihak imigrasi. Foto: Dokumen JPNN
Paspor Tenaga Kerja Asing (TKA) sedang diperiksa petugas. Foto: Dokumen JPNN

batampos.co.id – Sebanyak 28 Tenaga Kerja Asing (TKA) asal Tiongkok saat ini bekerja di dua perusahaan subkon PT. Bangun Tirta Lestari (PT. BTL) yang berada di Desa Ladang Palembang Kecamatan Lebong Utara, Bengkulu, segera habis visa.

Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Dinsosnakertrans) meminta warga asing ini segera memperbarui visa mereka karena Juli mendatang akan habis.

Kabid Tenaga Kerja Dinsosnakertrans Lebong, Januar Pribadi SSos MSi menjelaskan 28 TKA tersebut memiliki visa kerja yang harus diperbarui setiap 6 bulan sekali.

“Jadi Juli mereka harus memperpanjang visa mereka dan selanjutnya melaporkannya,” ujar Januar.

Berdasarkan dokumen mereka terima, 28 TKA tersebut merupakan tenaga kerja skill atau memiliki keahlian. Untuk itu ia berharap kepada perusahaan untuk benar-benar mempekerjakan TKA sesuai dengan dokumen yang dilaporkan. Jangan sampai nantinya TKA diperkejakan sebagai buruh kasar.

“Sampai saat ini kita belum melakukan pengecekan kelapangan karena mereka belum mulai bekerja. Sesuai dokumen yang dilaporkan mereka merupakan pekerja skiil atau yang memiliki keahlian,” kata Januar.

Ia juga mengimbau kepada seluruh Perusahaan yang ada di Kabupaten Lebong khusunya yang memperkejakan TKA untuk melaporkannya kepada Dinsosnakertrans. Pasalnya jika hal tersebut tidak dilakukan, maka Dinsosnakertrans dapat memberikan sanksi kepada perusahaan tersebut.

“Jika tidak dilaporkan maka bisa dikena sanksi pidana yang tertera di UU No 13/2013. BAB VIII tentang penggunaan TKA. Dimana sanksi bagi yang tidak melapor itu tertera di BAB X yaitu dikenai sanksi 4 tahun penjara dan denda Rp100 juta,” pungkas Januar.(777/ray/jpnn)

Respon Anda?

komentar