2017, Bupati Bintan akan Tambah Dinas Baru

693
Pesona Indonesia
Bupati Bintan Apri Sujadi. foto:jailani/batampos
Bupati Bintan Apri Sujadi. foto:jailani/batampos

batampos.co.id – Bupati Bintan, Apri Sujadi mengatakan aa akan meningkatkan, menambahkan atau memecahkan dinas-dinas yang ada di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bintan awal 2017 mendatang. Hal ini dilakukannya dalam rangka meningkatkan kinerja dan pencapaian program-program setiap Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) pada kabinet barunya yaitu Bintan Gemilang.

“Bocoran yang kita dapat dapat dari Pemerintah Pusat. Bahwa berdasarkan evaluasi terhadap kinerja pada SKPD akan diberlakukan tipe-tipe penilaiannya yaitu A,B, dan C. Jadi untuk meningkatkan mutu kerja pegawai di Pemkab Bintan, kita akan pecahkan 34 SKPD yang ada saat ini menjadi 42 SKPD,” ujarnya usai menghadiri safari ramadan di Kecamatan Seri Kuala Lobam (SKL), Selasa (28/6) malam.

Dikatakannya, saat ini ada 34 dinas yang mengemban tugas di lingkungan Pemkab Bintan. Jumlah dinas tersebut dirasakannya belum memadai untuk mendongkrak program-program yang akan digencarnya dalam Kabinet Bintan Gemilang lima tahun mendatang. Sehingga ia akan meningkatkan, menambahkan atau memecahkan dinas-dinas yang ada demi maksimalkan terselenggaranya pemerintahan sesuai visi misi kampanyenya.

Dinas baru yang akan ditambahkannya pada 2017 mendatang yaitu Komunikasi dan Informasi (Kominfo). Dinas ini akan berperan penting dalam mengakomodir dan menginformasikan setiap agenda maupun program yang akan dilaksanakan Bupati dan wakilnya serta masing-masing SKPD. Kemudian untuk dinas yang dipecahkan atau ditingkatkan diantaranya Dinas Pendapatan, Pengelolaan, Kekayaan dan Aset Daerah (DPPKAD) dipecah menjadi dua yaitu Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) dan Dinas Pengelolaan Kekayaan dan Aset Daerah (DPKAD). Lalu, Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) dipecah menjadi dua yaitu Dinas Pendidikan (Disdik) dan Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora).

Berikutanya, Dinas Pekerjaan Umum (PU) yang memiliki bidang Pemukiman dan Perumahan akan dipecah menjadi dua yaitu Dinas PU dan Dinas Pemukiman dan Perumahaan Daerah (DPPD). Selanjutnya, Dinas Pariwisata dan Budaya (Disparbud) dipecah menjadi dua yaitu Dinas Pariwisata (Dispar) dan Dinas Kebudayaan Daerah (Dikbud). Terakhir Badan Penanaman Modal dan Promosi Daerah (BPMPD) dipecah menjadi dua diantaranya dinas yang mengurus serta mempromosikan daerah dan dinas perizinan. Sedangkan Dinas Kebersihan, Pertamanan dan Pemakaman (DKPP) ditiadakan lagi atau dilebur menjadi satu dengan Dinas PU.

“Dinas yang kita bentuk ini sesuai kebutuhan dan kemampuan keuangan daerah,” jelasnya.

Untuk pejabat yang akan mengisi dinas-dinas tersebut, lanjutnya, sudah diseleksi dan evaluasi oleh assesmen. Jadi diharapkan bagi pejabat yang lolos dan berkesempatan mengisi kursi di dinas-dinas bisa melaksanakan tugas pokok dan fungsi (tupoksi) dengan penuh tanggungjawab.

“Kita mau lihat pejabat yang duduk di kabinet saya nantinya bisa bekerja secara maksimal dan profesional tanpa adanya unsur politik,” ungkapnya. (ary/bpos)

Respon Anda?

komentar