Simak! 8 Hal yang Perlu Anda Ketahui tentang Islandia

1060
Pesona Indonesia
Tim nasional Islandia.
Tim nasional Islandia.

batampos.co.id – Islandia tampil luar biasa dan berhasil membuat kejutan besar di Euro 2016 dengan lolos ke perempat final setelah menyingkirkan Inggris.

Sebagai tim debutan, cara yang mereka lakukan untuk sampai ke babak delapan besar pun terbilang gagah. Mereka belum terkalahkan hingga saat ini.

Tak ada yang menyangka tim asuhan Lars Lagerback tersebut bisa terus melaju. Padahal mereka diprediksi bakal langsung tersingkir di fase grup. Faktanya, di fase grup mereka bisa mengangkangi Portugal.

Di babak 8 besar, Kolbeinn Sigthorson cs akan menghadapi Prancis. Andai mereka mampu menang, itu menjadi keajaiban besar di sepakbola. Toh, itu bukan sebuah kemustahilan. Bola itu bundar, segala kemungkinan bisa terjadi.

Berbicara tentang Islandia, mungkin belum banyak yang orang ketahui tentang negara kecil tersebut. Berikut adalah 8 hal terkait Islandia yang bakal membuat publik tercengang:

1. Islandia bukan hanya negara dengan populasi paling kecil di Euro 2016. Mereka juga menjadi negara kecil pertama yang lolos ke putaran final Euro. Populasi penduduk Islandia hanya 332.559 orang. Islandia bahkan lebih kecil dari Trinidad dan Tobago yang memiliki populasi 1,2 juta orang.

2. Islandia dikenal memiliki klub-klub yang kerap melakukan selebrasi gol unik. Pada tahun 2011, klub lokal bernama Stjarnan melakukan serangkaian selebrasi yang menggelikan. Mulai dari membentuk toilet, bersepeda, menembak, sampai memancing ikan.

3. Di Islandia jumlah gunung lebih banyak daripada pesepak bola profesional. Dari 23.000 pesepak bola yang terdaftar, hanya ada 120 yang sudah profesional. Sementara itu, jumlah gunung mencapai 126 buah.

4. Islandia selalu tampil penuh motivasi di setiap laga Euro 2016 karena 8 persen dari populasi penduduknya datang ke Prancis. Mereka melakukan perjalanan dari Islandia ke Perancis untuk mendukung timnas mereka secara langsung.

5. Hal lain yang cukup mengejutkan adalah di Islandia jumlah domba lebih banyak ketimbang manusia. Terdapat 600.000 domba di sana. Di beberapa wilayah jumlah domba dua kali lipat lebih banyak dibanding jumlah manusia.

6. Islandia memiliki fan paling terkenal yakni Hafthor Bjornssonn, seorang berbadan kekar dan dijuluki manusia terkuat di dunia. Dia memenangkan sejumlah kompetisi yang mengutamakan kekuatan otot. Bjornssonn sempat mengatakan bakal meremas kepala Cristiano Ronaldo andai Portugal mampu mengalahkan Islandia. Beruntung, laga kedua tim berakhir 1-1.

7. Islandia adalah salah satu negara di planet bumi tang tidak ada semut. Tapi, sampai sejauh ini tidak ada penjelasan ilmiah tentang hal tersebut.

8. Salah satu pelatih timnas Islandia saat ini yakni Heimir Hallgrimsson juga berprofesi sebagai dokter gigi. Seperti diketahui, dia berduet dengan Lars Lagerback. (JPNN)

Respon Anda?

komentar