Alhamdulillah, Kepahiang Masih Aman dari Vaksin Palsu

1223
Pesona Indonesia
ilustrasi
ilustrasi

batampos.co.id – Dirut RSUD Kepahiang, H Tajri Fauzan SKM MKes meminta warga Kabupaten Kepahiang tidak terlalu khawatir dengan beredarnya vaksin palsu.

Karena sampai saat ini, pihaknya belum menemukan keberadaan vaksin palsu di daerah tersebut. Selain itu vaksin di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Kepahiang berasal dari Dinas Kesehataan (Dinkes) dan tak ada vaksin dari luar yang masuk ke RSUD tersebut.

“Kalau untuk vaksin di RSUD semua stok dari Dinkes, jadi warga tak perlu khawatir akan adanya vaksin palsu,” ungkap Dirut RSUD Kepahiang, H Tajri Fauzan SKM MKes seperti dikutip dari Bengkulu Ekspress (Jawa Pos Group).

Plt Kadis Dinas Kesehatan (Dinkes), Sudarno Kusuma SKM MM mengatakan, bila selama ini Dinkes melakukan pengadaan berbagai jenis vaksin melalui PT Bio Farma, sehingga sudah terjamin keasliannya. Sedangkan untuk pengadaan di luar Dinkes pihaknya terus melakukan pemantauan baik ke Puskesmas, klinik hingga apotik.

“Nantinya Kepala Puskesmas akan diminta melakuan pengawasan terhadap stok vaksin yang sudah ada, bila ditemukan kemasan mencurigakan segera laporkan ke Dinkes atau BPOM,” tegas Surdarno.

Ia meminta, kejelian para petugas medis untuk memperhatikan kemasan berbagai jenis vaksin yang tersedia. Bila ada barang yang berbeda dengan kemasannya harga ditindak lanjuti dengan melapor. “Seharusnya seluruh tenaga medis memiliki sikap siaga, bila ada temuan dilaporkan segera,” tuturnya.

Ia menjamin, untuk pengadaan vaksin selama ini tidak ada permasalahan. Karena Dinkes hanya mengadakan obat-obatan dan vaksin melalui satu suplayer yang sudah diakui oleh pemerintah. Sehingga diyakini tak terkontaminasi dengan peredaran vaksin palsu yanng mencuat akhir-kahir ini di Jakarta.

“Kalau di Kepahiang sejauh ini belum ada temuan adanya vaksin palsu, ke depan pengawasan akan kita lakukan dengan baik untuk mengetahui peredarannya,” ungkap Sudarno. (jpg)

Respon Anda?

komentar