BNI Siapkan Rp 74 Miliar untuk Tukar Uang Lebaran

1428
Pesona Indonesia
Salah seorang warga ketika menukar uang pecahan kecil di BNI Cabang Tanjungbalai Karimun. foto:tri haryono/batampos
Salah seorang warga ketika menukar uang pecahan kecil di BNI Cabang Tanjungbalai Karimun. foto:tri haryono/batampos

batampos.co.id – PT Bank Negara Indonesia Tbk (BNI) Cabang Tanjungbalai Karimun mengalokasikan uang pecahan baru senilai Rp 74 miliar dari Bank Indonesia (BI), dengan pecahan mulai Rp 100 ribu hingga koin Rp 100. Uang ini akan didistribusikan melalui bank-bank umum yang ada di Kabupaten Karimun seperti Bank Riaukepri, BCA, BRI, BSM, BTN dan BNI Syariah.

”Sudah beberapa hari ini kita distribusikan uang pecahan baru. Masih ada kesempatan hari ini dan besok. Rata-rata didominasi uang pecahan sebesar Rp 5.000 dan Rp 2.000 yang diminta masyarakat,” jelas kepala BNI Cabang Tanjungbalai Karimun, Joko di Tanjungbalai Karimun, kemarin (29/6).

Lanjutnya, pengambilan uang pecahan baru tersebut rata-rata para pegawai dan karyawan swasta saat menerima Tunjangan Hari Raya (THR) beberapa waktu lalu. Dan pihaknya secara bertahap mendistribusikan uang pecahan tersebut ke bank. Hanya beberapa jam saja uang pecahan tersebut langsung ludes diserbu masyarakat yang ingin menukarkan pecahan uang baru.

”Makanya, sudah kita informasikan kepada bank-bank agar dibatasi untuk penukaran uang pecahan. Agar, dapat kebagian masyarakat yang ingin menukarkan uang pecahan. Yang akan dibagikan pada hari kemenangan bagi umat muslim,” ungkapnya.

Sementara bank-bank mulai 5 Juli nanti tidak beroperasi dan tidak melakukan transaksi. Lalu Senin (11/7) nanti setelah lebaran baru mulai beroperasi seperti biasa. Namun, pada hari Senin (4/7) nanti khusus untuk Bank BNI tetap membuka layanan terbatas terhadap nasabah yang ingin melakukan transaksi keuangan.

Tapi, kata Joko lagi, bagi nasabah BNI Cabang Tanjungbalai Karimun telah menyiapkan uang tunai dengan pecahan Rp 100 ribu dan Rp 50 ribu di Anjungan Tunai Mandiri (ATM) yang tersebar di 32 konter. Sehingga, masyarakat yang ingin mengambil uang tunai bisa memanfaatkan ATM yang siaga 24 jam.

”Selamat hari raya, mohon maaf lahir batin kepada semua nasabah BNI maupun bank-bank konvensional lainnya,” tuturnya.

Terpisah, Ana, salah seorang pegawai honorer Pemda Karimun mengungkapkan, dirinya menukarkan pecahan Rp 2000 dan Rp 5000 untuk dibagi-bagikan sanak saudara yang berkunjung ke rumahnya. Saat hari raya Idul Fitri yang tinggal sepekan lagi.
”Sudah tradisi bang. Kalau lebaran kita bagi-bagi amplop keponakan, maklum ramai kalau datang ke rumah,” singkatnya. (tri/bpos)

Respon Anda?

komentar