Pelayanan Tidak Boleh Tutup Lama-lama, PNS Dilarang Perpanjang Cuti

852
Pesona Indonesia
Pelantikan sejumlah pejabat Pemko Batam. Foto: dok pemko batam
Ilustrasi. Foto: dok pemko batam

batampos.co.id – Pegawai Negeri Sipil (PNS) dilarang memperpanjang cuti lebaran Idul Fitri 1437 H. Hal itu sesuai dengan surat edaran Menteri Pendayagunaan Aparatur Negera (Menpan) RI yang dikeluarkan pada Selasa (27/6) lalu.

Sekretatis Daerah (Sekda) Pemko Batam, Agussahiman mengatakan surat edaran Menpan tentang ketentuan cuti lebaran telah diterima. Yang mana isinya melarang keras agar PNS memperpanjang cuti karena harus memberi pelayanan kepada masyarakat.

“Sebelum surat Menpan itu keluar, saya juga telah melarang agar PNS tidak mengambil izin perpanjang cuti,” kata Agussahiman di kantor Pemko Batam, kemarin.

Dikatakannya, cuti bersama PNS dilingkungan Pemko Batam berlaku mulai 4 Juli hingga 11 Juli mendatang. Karena itu pihaknya tak akan memberi izin tambahan setelah cuti bersama, khususnya 11 Juni sampai 15 Juli. Mengingat pelaksanaan cuti bersama hari raya sudah cukup memadai 9 hari kelender.

“Sudah ada lima hari cuti bersama, ditambah Sabtu dan Minggu, kalau ditotal ada 9 hari dan itu sudah cukup untuk berlebaran. Pelayanan tak boleh tutup lama-lama,” tegas Agussahiman.

Sampai kemarin ada puluhan form cuti PNS yang masuk ke meja kerjanya. Namun, ia tak akan menandatangani permintaan cuti yang memperpanjang cuti bersama. Kecuali untuk keperluaan yang sangat penting, seperti melahirkan, sakit, menikah dan kemalangan.

“Kemarin ada tiga yang lolos, karena saya tak lihat tanggal saat mereka mengajukan. Namun saya minta tarik lagi sehingga tak ada yang akan mendapat tambahan cuti usai lebaran,” terang Agussahiman.

Menurut dia, Pemko Batam telah menyiapkan sanksi tegas terhadap PNS yang nekat menambah libur. Sanksi yang diberikan mulai dari pemotongan gaji hingga penurunan pangkat.

“ada sanksi administratif seperti pemotongan gaji, penundaan kenaikan pangkat. Tergantung besar dan kecilnya kesalahan,” pungkas Agussahiman. (she)

Respon Anda?

komentar