Pemerintah Tambah Puskesmas di Pulau Tiga

598
Pesona Indonesia
Ketua Komisi I DPRD Natuna Raja Marzuni.
Ketua Komisi I DPRD Natuna Raja Marzuni.

batampos.co.id – Ketua Komisi I DPRD Natuna Raja Marzuni mengatakan, untuk meningkatkan pelayanan medis kepada masyarakat, di Kecamatan Pulau Tiga akan ditambah satu lagi puskesmas.

Sementara ini, katanya, sudah dioperasikan satu puskesmas di Kecamatan Pulau Tiga, tepatnya di Desa Sabang Mawang. Namun kondisi desa yang terpisah laut, diperlukan ditambah satu puskesmas.

“Tahun ini pengerjaan fisiknya sudah dimulai, mudah-mudahan tahun depan sudah bisa difungsikan melayani masyarakat,” kata Marzuni, Rabu (29/6).

Penambahan puskesmas ini, kata Marzuni, ditempatkan di Kecamatan Bunguran Pulau Tiga Barat, dan merupakan peningkatan status. Sebelumnya puskesmas pembantu menjadi puskesmas kecamatan.

“Bangunannya pun merenovasi bangunan pustu di Pulau Tanjung Kumbik, merupakan wilayah Kecamatan Pulau Tiga Barat,” terang Marzuni.

Dikatakannya, pembangunan puskemas tersebut menggunakan anggaran dana alokasi khusus, dan sudah diusulkan sejak tahun 2013 lalu. Namun baru ditahun 2016 ini terealisasi.

“Penambahan puskesmas sangat penting, mempersingkat pelayanan kesehatan masyarakat. Harus seberangi pulau, apalagi ada pasien sakit parah, memang selama ini masyarakat enggan di seberang pulau,” kata Marzuni.

Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Hikmat Aliansyah mengatakan, puskesmas juga akan ditambah di dua kecamatan lain yang baru dimekarkan. Diantara Kecamatan Suak Midai dan Kecamatan Bunguran Batubi.

“Tahun depan akan direncanakan penambahan dua lagi puskesmas. Khusus Pulau Tiga memang pengusulannya sejak tahun 2013 lalu,” kata Hikmat.(arn/bpos)

Respon Anda?

komentar