Pemudik Diberi Kemudahan Prosedur Menggunakan BPJS

403
Pesona Indonesia

bpjsbatampos.co.id – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan memberikan kemudahan prosedur bagi pemudik pada periode lebaran tahun ini. Setiap pemudik tidak perlu lagi melapor ke Kantor Cabang BPJS Kesehatan setempat ketika hendak berobat.

“Peserta dapat langsung berobat ke IGD rumah sakit terdekat yang sudah ditunjuk oleh kantor cabang,” terang Kepala Kantor BPJS Kesehatan Cabang Tanjungpinang, Nur Indah Yulianty, pada sesi konferensi pers, Rabu (29/6).

Namun, ada syarat mutlak yang terlebih dahulu mesti dipunya pemudik sebelum dapat menggunakan kemudahan ini. “Pastikan saja kartu anggotanya aktif. Hanya itu saja syaratnya. Jadi sebelum mudik, bisa ditinjau dulu aktivasi keanggotaannya sebelum berangkat,” kata Indah.

Dengan begitu, kata dia, bila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan selama dalam perjalanan bisa lekas diambil tindakan pertolongan medis melalui permudahan yang diberikan BPJS Kesehatan ini. Terlebih untuk di Tanjungpinang, Bintan, Lingga, Anambas, dan Natuna ada 36 fasilitas kesehatan yang siaga 24 jam untuk melayani peserta BPJS Kesehatan dengan narahubung yang aktif untuk dihubungi kapan pun.

Kini, tidak susah lagi untuk mengetahui aktivasi keanggotaan BPJS Kesehatan. Bisa dilakukan melalui situsweb resmi maupun aplikasi gawai yang bisa langsung diunduh dan terpasang langsung.

Indah melanjutkan, kebijakan pemangkasan prosedur pelayanan kesehatan ini berlaku sejak H-7 hingga H+7 lebaran atau 29 Juni-14 Juli 2016. Permudahan yang diberikan ini, tak lain dan tak bukan bertujuan memberikan pelayanan terbaik bagi seluruh anggota BPJS Kesehatan. “Kebijakan ini mengacu pada prinsip portabilitas yang kami usung,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Tanjungpinang, Rustam mendukung program yang dicanangkan BPJS Kesehatan ini. Dukungan yang diberikan Pemko Tanjungpinang adalah dengan tetap menyediakan dua puskesmas siaga 24 jam. “Sementara puskesmas yang lain sampai di hari H tetap buka. Hanya sampai jam 12 siang saja,” terangnya.

Dukungan tak kalah solid juga diberikan tiga perwakilan rumah sakit yang ada di Tanjungpinang. Baik itu Rumah Sakit Umum Daerah, Rumah Sakit Umum Provinsi dan Rumah Sakit TNI-AL. “Kami semua bersinergi satu-sama lain untuk memberikan yang terbaik,” kata Direktur RSUP Provinsi Kepri, dr. Sunarto, mewakili yang lain. (muf/bpos)

Respon Anda?

komentar