Penipu Catut Nama Kasat Reskrim Lewat Medos, Raup Uang Ratusan Juta

604
Pesona Indonesia
Ilustrasi
Ilustrasi

batampos.co.id – Pencatutan atas nama penegak hukum dalam bentuk penipuan kembali terjadi. Jika biasanya dilakukan dengan cara mengirim pesan singkat (SMS) atau sambungan telepon, namun kali ini pelaku mengggunakan media sosial atas nama Kasat Reskrim Polres Karimun, AKP Dwihatmoko Wiroseno.

”Saya baru tahu kalau ada akun Facebook yang mengatasnamakan nama saya dan jumlahnya ada dua. Yakni, Ipda Duihatmoko dan Moko Donk. Dan, akibat dari adanya dua akun palsu yang mencatut nama saya, telah menyebabkan dua orang mengalami kerugian dengan total kerugian ratusan juta rupiah,” ujar Kasat Reskrim Polres Karimun, AKP Dwihatmoko Wiroseno, Rabu (29/6).

Akibat dari akun palsu tersebut, seorang pria tertipu hampir Rp 100 juta. Satu orang warga yang tertipu ada akibat dari akun tersebut, katanya, berdomisili di Jawa Timur. Kemudian, satu orang lagi ada di Kalimantan dengan kerugian mencapai Rp 30 juta. Dia mengetahui ini, karena ada halaman Facebook milik Sat Reskrim Polres Karimun. Dari sini terungkap bahwa ada pencatutan namanya.

”Ada dua masalah yang disampaikan oleh pelaku penipuan tersebut. Pelaku mengaku sedang menangani suatu perkara dan membutuhkan sejumlah dana. Maka korban percaya akhirnya menyerahkan dana tersebut melalui transfer rekening. Korban kedua mengaku jika penyerahan uang Rp30 juta untuk mencari senjata api yang hilang. Saya mengetahui hal ini karena staf saya yang mengelola hal Facebook Sat Reskrim memberikan nomor ponsel saya ke korban. Sehingga, saya bisa berbicara,” jelas Dwihatmoko.

Pada saat berbicara dengan korban, lanjut Dwihatmoko, disarankan kepada korban untuk membuat laporan resmi dimana korban tinggal. Bahkan, dalam proses penyelidikan perkaranya dia bersama anggotanya siap memberikan bantuan. Bila perlu, akan turun langsung ke wilayah korban. Dan, untuk saat ini perkaranya belum bisa dilakukan penyelidikan, karena korban belum membuat laporan. (san/bpos)

Respon Anda?

komentar