Singapura Target Utama Tax Amnesty

1888
Pesona Indonesia

Singapurabatampos.co.id – Direktorat Jenderal Pajak (DJP) terus gencar menyosialisasikan pemberlakuan UU Pengampunan Pajak (Tax Amnesty).

Tak hanya di dalam negeri, sosialisai juga menyasar beberapa negara yang menjadi target utama penerapan UU tersebut. Salah satunya Singapura.

’’Juga Hongkong, dan London. Kami akan bikin unit pelayanan khusus di KBRI. Jadi, kalau mau bertanya dan lapor di situ saja,’’ ujar Dirjen Pajak Ken Dwijugiasteadi di gedung DJP Kamis (30/6/2016).

Kata dia, tiga negara itu dipilih karena potensi penerimaan tax amnesty di sana cukup besar. Ini berdasarkan data dan fakta bahwa banyak WNI yang menyimpan aset dan kekayaannya di tiga negari itu.

’’Selain itu, banyak permintaan orang Indonesia di sana. Bank-bank kami di sana juga akan memfasilitasi,’’ terangnya.

Para WNI di luar tiga negara tersebut disarankan mendaftarkan permohonan tax amnesty di negara terdekat. Jika cukup banyak peminat di suatu negara, pihaknya akan memikirkan untuk membuka cabang sosialisasi di negara itu.

Selain itu, para WNI disarankan kembali ke Indonesia untuk mengurus langsung permohonan pengampunan pajak.

’’Kalau WNI, pasti ada NPWP-nya Indonesia. Kan mereka bisa pulang dua hari ke sini (Indonesia, red), ke Singapura juga bisa. Sebab, itu (permohonan) harus disampaikan sendiri,’’ ucapnya.

Di dalam negeri, lanjut Ken, pihaknya akan melakukan sosialisasi di enam kota besar. Yakni, Bandung, Surabaya, Jakarta, Semarang, Makassar, dan Medan. Selain itu, ada sosialisasi di kota-kota lain seperti Solo dan Yogyakarta. Sosialisasi tersebut berlangsung hingga akhir tahun ini.

’’Di enam kota itu, presiden akan hadir. Sementara itu, ada sosialisasi di sembilan kota lain. Jadi, total ada 15 kota. Sosialisasi eksternal dilakukan sampai akhir tahun, kalau internal sekitar dua minggu,’’ katanya.

Dalam kesempatan tersebut, Ken kembali menekankan bahwa setiap orang bisa mengikuti pengampunan pajak, baik yang memiliki NPWP maupun yang belum. Sebab, persyaratan yang harus dilakukan hanya mengisi surat pernyataan, bukan SPT.

Namun, dia menegaskan bahwa data yang disampaikan harus valid. Jika ditemukan adanya ketidakcocokan data, pihaknya bisa memberikan sanksi PPh dan denda 200 persen pajak terutang.

’’Perhitungannya, harta bersih dikurangi utang. Jadi, misalnya aset 100, utang 90, itu gampang lihatnya (valid atau tidak). Kami lihat tahun berikutnya. Kalau dia tidak bayar utang, itu pasti bohong. Jadi, ngecek-nya sebenarnya gampang,’’ tegasnya.

Sementara itu, dana asing yang masuk ke lantai bursa masih deras. Indeks harga saham gabungan (IHSG) pun kembali melonjak dan ditutup menembus level psikologis 5.000. Pada penutupan perdagangan kemarin, IHSG menguat 36,542 poin (0,734 persen) ke posisi 5.016,647. Investor asing mencatatkan pembelian bersih Rp 1,736 triliun. Itu menambah akumulasi pembelian bersih sejak awal tahun sampai kemarin menjadi Rp 13,021 triliun.

’’Kebijakan pemerintah tentang tax amnesty mendorong masuknya dana asing ke Indonesia. Itu menciptakan iklim investasi yang positif di dalam negeri,” ungkap VP Research and Analysis PT Valbury Asia Securities Nico Omer Jonckheere dalam risetnya kemarin (30/6). Situasi tersebut membuka peluang besar bagi pasar modal Indonesia di mata investor asing.

Apalagi, kata dia, Undang-Undang Tax Amnesty telah disahkan DPR dan ditargetkan berlaku pada Juli. Adanya dana yang kembali ke Indonesia melalui mekanisme repatriasi, hal itu dinilai akan mendorong pertumbuhan ekonomi nasional. (leo/ken/gen/c5/oki/jpgrup)

Respon Anda?

komentar