Enak Kali lah Kuliner Khas Medan Ini

3102
Pesona Indonesia

batampos.co.id – Medan tak hanya melahirkan orang-orang hebatdi berbagai bidang, tapi juga memiliki banyak keunggulan dilihat dari aspek parwisata. Ada banyak destinasi wisata di sana.

Tapi, yang selalu membuat kangen adalah kulinernya. Perantau asal Medan khususnya, pasti ingin cepat-cepat kembali ke ibukota Sumatera Utara itu. Apalagi musim mudik lebaran ini.

Ya, Medan memang salah satu surga kuliner Indonesia. Pengaruh Melayu, Arab, dan Cina membuat Kuliner Sumatera Utara menjadi sangat kaya. Enaknya, nyaris tak terbantahkan.

“AGI – Akademi Gastronomi Indonesia, Sumatera Utara selalu menjadi tuan rumah yang baik setiap kali saya Ke Medan . Ditemani oleh Ketua AGI Sumut, VIta Pahlevi maka jelajah kuliner  saya semakin seru,” aku Vita Datau, Ketua AGI di Jakarta.

Perjalanan duo Vita ini selalu dimulai dengan sarapan pagi d itempat favorit mereka berdua, lanjut siang dan malam.

Untuk dapat mencicipi semua rekomendasi di bawah ini paling tidak kita perlu 3 hari. Bagaimana tertarik liburan ke Medan? Temukan sensasinya di #PesonaKulinerMedan #PesonaLebaranMedan #PesonaIndonesia #WonderfulIndonesia.

Ini dia menu-menu rekomendasi Duo Vita:

1. NASI LEMAK “NUSA INDAH”

Sumber Foto: banten.co
Sumber Foto: banten.co

Cari sarapan? ini tempatnya. Sebuah Warung Makan  yang menyediakan nasi uduk atau nasi lemak dengan lauk khas Medan, sayur, sambel blado teri dan dendeng yang harus dicoba.. Porsi sedang cukup untuk memulai hari kita dengan tenaga baru.

Warung makan ini ramai dikunjungi pelanggan terutama akhir pekan,saat banyak orang berburu sarapan. pelanggan lebih banyak penduduk lokal, artinya Nasi Lemak ini bercitarasa asli. Sempatkan sarapan ditempat ini dijamin tidak kecewa. Terletak di Jl. Palang Merah.

2. LONTONG SAYUR KAK LIN

Sumber Foto: obetpunya.blogspot.com
Sumber Foto: obetpunya.blogspot.com

Masih seputar sarapan tempat yang selalu kami datangi adalah Warung Makan Kak Lin yang mempunyai menu spesial kesukaan banyak orang yaitu Lontong sayur atau dikenal sebagai lontong sayur Medan.

Kuah dengan tauco, kacang panjang tempe, ikan bilis kentang belado memenuhi rasa kangen saya akan makanan ini setiap kali saya ke Medan. Selain Lontong Medan pengunjung bisa meimilih menu lainnya seperti nasi lemak. Terletak Jl. Cik Ditiro depan SMA I, tempat ini masuk top list.

3. MIE & BIHUN BEBEK ASIE  KUMANGO

Sumber Foto: virginmojito.wordpress.com1024 × 768Telusuri pakai gambar Bihun Bebek sebelum diba
Sumber Foto: virginmojito.wordpress.com1024 × 768Telusuri pakai gambar
Bihun Bebek sebelum diba

Mienya yang tipis dan kenyal, diberi topping ayam dan jamur dengan rasa yang lezat gurih membuat mie ini menjadi sangat populer di Medan. Sebagai makanan akulturisasi Cina, maka dilihat sepintas sama seperti mie ayam pada umumnya. Tetapi saya rekomendasikan pesan Bihun Bebek Asie, yang satu ini rasanya sangat lezat.

Lengkapi dengan kopi susu tradisional agar terasa kalau kita sedang menikmati mie ayam  di Medan; karena itu yang membedakannya. Datang ke Jl. Kumanggo No. 15, buka jam 6.30 sampai jam 11.00 pagi saja , Minggu tutup.

4. SOTO KESAWAN

Sumber Foto: anekatempatwisata.com
Sumber Foto: anekatempatwisata.com

Soto yang satu ini tidak saja diisi dengan ayam dan daging tetapi juga udang. Itu sebabnya pendatang akan datang kesini saat ingin menikmati soto udang kesawan. Kuahnya yang tidak terlalu pekat dengan rasa yang khas membuat tempat ini menjadi salah satu yang populer di Medan. Mampir ke Jl. Ahmad Yani 116.

5. SOTO SINAR PAGI

Sumber Foto: www.anekaresep.net
Sumber Foto: www.anekaresep.net

Warung soto ini tidak pernah sepi pengunjung. Soto dengan kuah yang kental dan kaya akan bumbu lebih enak dimakan dengan nasi panas. Bagi yang tidak suka santan bisa memilih menu sop ayam atau sop daging dengan kuah kaldu bening. Akan semakin nikmat bila ditemani dengan Bakwan Udang besar dan teh panas tawar. Silahkan mampir ke Jl. Sei Deli – Simpang Gatot Soebroto, buka jam 07.00 – 14.00

6. SEAFOOD JEMADI

Sumber Foto: anglicious.wordpress.com
Sumber Foto: anglicious.wordpress.com

Ingat Udang ingat Jumadi. Sajian terlihat sederhana hanya Udang, sayur rebus dan sambal, tetapi dimakan dengan nasi putih panas, saat lapar disiang hari , dengan tangan atau tanpa sendok .. rasanya nikmat banget.

Udang goreng ukuran besar dengan bumbu minimal membuat rasa manis dari udang segar menjadi sangat terasa di lidah. Ditempat ini kita juga bisa pesan Gulai Kepala Ikan dan Gulai Kambing. Sebaiknya jangan terlalu siang agar kita tidak kehabisan. Catat alamatnya Jl. Jemadi No. 76, Telp 061 6625486

7. STEAM IKAN BAWAL PUTIH – RM BINTANG

Sumber Foto: www.infomakan.com
Sumber Foto: www.infomakan.com

Kalau berkunjung ke Medan datang ke Rumah Makan ini, rasakan nikmatnya Steam Bawal Putih yang melegenda ini. Rasa kuat tauco dan jahe dikuahnya membuat steam ikan ini sama sekali tidak berbau amis. Kuliner satu ini membawa kita mencapai kepuasan lidah tingkat tinggi. Walau terdapat menu pilihan lain tapi tetap Steam Ikan Bawal sang juaranya. Terletak di Jl. Taruma No. 15B Medan, Telp. 061 – 4517712, 4521828

8. DURIAN UCOK

Sumber Foto: www.yukpiknik.com
Sumber Foto: www.yukpiknik.com

Nah kalau yang satu ini adalah tempat yang harus dikunjungi. Pak Arief Yahya Menteri Pariwisata selalu menyiapkan waktu untuk menikmati durian jika kebetulan ke Medan. Uniknya tempat ini adalah pelanggan dibiarkan melampiaskan keinginan makan durian dengan sajian tumpukan durian yang siap dipilih.

Durian Medan memang sangat terkenal tak heran jika produk turunannya yaitu Pancake dan Tiramisu durian menjadi oleh-oleh yang paling diburu para wisatawan jika datang ke Medan. Kabar gembiranya di gerai baru yang terletak di Jl. Wahid Hasyim buka 24 jam.

9. JUICE ALPUKAT KOPI – MACEHAT COFFEE

Sumber Foto: www.opensnap.com
Sumber Foto: www.opensnap.com

Butuh tempat nongkrong yang beda, tempat ini bisa jadi pilihan. Disamping tersedia makanan kecil lainnya seperti risoles, kroket, singkong goreng; tetapi yang spektakuler rasanya adalah Juice Alpukat yang dicampur dengan kopi ekspreso. Sensasi pahit dari kopi ekspreso bercampur texture Juice Alpukat yang creamy  dan Es krim … wow susah lupa. Coba deh, datang Jl. Karo no. 20, Medan ; telp 061- 4529954

10. OLEH- OLEH MEDAN

Sumber Foto: www.kulinerkhasmedan.com
Sumber Foto: www.kulinerkhasmedan.com

Rekomendasi kali ini tidak tuntas jika tidak ada oleh-oleh Medan. Yang sangat populer adalah Bolu Meranti, beraneka rasa, Bisa didapat di Jl. Sisingamangaraja No. 19B, Telp 061-4538217.

Pancake durian yang lumer dimulut jangan sampai dilewatkan; ada beberapa tempat di Medan, tetapi yang sering dikunjungi banyak pendatang adalah Durian House di Jl. Gunung Krakatau 14-14A.

Pilihan lain Pancake durian bisa datang ke Maidanii Pancake, Jl. Prof. HM. Yamin SH No. 121 buka jam 12.00. Aneka pilihan oleh oleh seperti Ikan teri bajak, Sirup Markisa, kopi Sidikalang dan masih banyak lagi bisa didapat di Pusat Oleh-oleh salah satunya di Jalan Majapahit.

“Itulah rekomendasi kami berdua , semua yang kami pilih rasanya pecaaah kalau istilah sekarang. Semoga membantu perjalanan kuliner Anda di Medan,” ucap Vita Datau yang juga penghobi moge Harley Davidson itu. (inf)

Respon Anda?

komentar