Hancurkan Islandia 5-2, Prancis Tantang Jerman di Semifinal

1070
Pesona Indonesia
Striker Prancis, Olivier Giroud, merayakan golnya ke gawang Islandia. (foto: reuters)
Striker Prancis, Olivier Giroud, merayakan golnya ke gawang Islandia. (foto: reuters)

batampos.co.id – Tim tuan rumah Prancis akhirnya memastikan diri lolos┬áke babak semifinal Euro 2016 usai menggilas Islandia dengan skor telak 5-2, dalam pertandingan babak perempatfinal yang digelar di Stade de France, Senin (4/7) dinihari WIB.

Dalam laga yang menjadi antiklimaks kiprah Islandia di Euro 2016 ini, Prancis berhasil menguasai jalannya pertandingan. Paul Pogba cs mencatat 62 persen penguasaan bola, sementara Islandia hanya 38 persen.

Prancis juga unggul dari segi peluang, di mana mereka melepaskan total 12 tendangan, delapan diantaranya on target. Islandia pun mencoba memberikan perlawanan dengan melancarkan sepuluh peluang dimana lima diantaranya on target.

Keunggulan Prancis dibuka di menit ke-12 oleh Olivier Giroud, yang dengan mudah menceploskan bola ke gawang Islandia setelah lolos dari perangkap offside.

Di menit ke-20, Paul Pogba menambah keunggulan Prancis lewat sundulannya setelah memanfaatkan sepak pojok.

Di menit ke-42, Dimitri Payet membawa Prancis unggul 3-0 lewat tendangan terukur dari luar kotak penalti.

Antoine Griezmann menggenapkan keunggulan Prancis di akhir babak pertama menjadi 4-0 setelah melakukan solo-run dan berhasil men-chip bola melampaui kiper Islandia.

Usai turun minum, Prancis sepertinya masih ingin menambah pesta gol mereka. Mereka langsung mengambil inisiatif menyerang sejak awal.

Di menit ke-49, Griezmann kembali mengancam gawang Islandia, namun sepakannya dari depan kotak penalti masih melambung tinggi. Dua menit kemudian, giliran Pogba yang melepaskan percobaan tapi masih juga belum menemui sasaran.

Islandia akhirnya berhasil memperkecil ketertinggalan di menit ke-56 lewat gol yang dicetak Sigthorsson setelah memanfaatkan umpan tarik dari Sigurdsson.

Kebobolan, Prancis kembali meningkatkan intensitas serangannya. Hasilnya, Giroud membawa Prancis kembali menjauh di menit ke-59 lewat gol sundulan memanfaatkan umpan tendangan bebas Dimitri Payet.

Di sisa pertandingan, Islandia masih berupaya mencari gol hiburan. Peluang Ingason di menit ke-63 masih bisa dimentahkan Lloris.

Islandia akhirnya mencetak gol kedua mereka di menit ke-84. Umpan silang Skulason dari sayap kiri dibelokkan Bjarnason dengan sundulan ke sisi kiri gawang Lloris. Skor 5-2 bertahan hingga akhir laga.

Dengan hasil ini, Prancis berhasil merebut tiket terakhir babak semifinal. Mereka sudah ditunggu oleh tim juara dunia Jerman. (bbs/sam)

Respon Anda?

komentar