Hidayatullah Batam Ciptakan Generasi Qurani

2507
Pesona Indonesia
Para wisudawati
Para wisudawati

batampos.co.id – Pondok Pesantren Hidayatullah Batam mewisuda Tahfidzul Qur’an angkatan ke 2 di Masjid Ar Riyadh Hidayatullah Kampus 2 Tanjung Uncang, Sabtu (2/6/). Rasa haru dan bangga terlihat di wajah para wisudawati. Sebanyak 82 peserta terdiri dari TK, SD, SMP, SMA dan Mahasantri berhasil diwisuda.

“Dari sisi capaian pun Daurah tahfidz tahun ini mengalami kemajuan yang cukup pesat dengan berhasilnya salah satu peserta menghafal 30 juz Alquran,” ujar Ustazah Sumayyah selaku penanggungjawab Daurah Tahfidz yang juga alumni STIS Hidayatullah Balikpapan.

Pimpinan Pondok Pesantren Hidayatullah Batam, KH Jamaluddin Nur dalam sambutannya saat menutup Daurah Alquran mengatakan bahwa tidak mudah menghafal Alquran kecuali dengan pertolongan dan karunia dari Allah.

“Tahun ini kita sudah punya pondok khusus tahfidz dan akan dimulai tahun ini. Kemudian bagi yang sudah hafal harus bisa menghafal, menjaga dan merawat hafalan yg telah diraih,” kata Jamaludin.

Lebih lanjut Jamaludin Nur mengatakan, bahwa dauroh ini adalah upaya untuk menciptakan generasi-generasi yang qurani, generasi yang selalu berpedoman pada Alquran dalam menjalani kehidupan sehari-hari.

“Ini merupakan cita-cita besar, melalui daurah ini nantinya akan lahir generasi-genarasi yang qurani, yaitu generasi yang dekat dengan Alquran dalam kehidupannya sehari-hari. Tentu, cita-cita dan impian yang mulia ini harus ditopang dengan langkah yang nyata. Kita buktikan bahwa orang beriman itu mudah menghafalkan Alquran. Setelah itu jangan lupa untuk ditadabburi dan diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari,” kata jamal.

Daurah yang dilaksanakan 26 hari sejak tanggal 1 Ramadan hingga 27 Ramadan kali ini, merupakan daurah yang capaiannya cukup tinggi.

“Beberapa capaian Tahfidz angkatan ke 2 tahun ini ada yang 10-30 Juz 12 orang, 5-10 Juz 18 orang, 1-5 Juz 33 orang, dan TK yang berhasil menghafal surat-surat pendek dan An naba’-Al Infithar.

Adapun penghargaan terbaik diberikan kepada Sania yang berhasil menghafal 30 Juz (Mahasantri) Foas 12 Juz (SMA) dan Aida Laila Fitria binti Jamaluddin Nur 9 Juz (SD).

Acara Penutupan dan Wisuda Tahfidzul Qur’an angkatan ke 2 tahun ini digelar secara sederhana yang dihadiri oleh puluhan orang tua dan beberapa pengurus Yayasan Hidayatullah Batam namun acara yang dimulai sejak pukul 08.00 sampai 10.30 berlangsung khidmat dan orangtua tidak melewatkan kesempatan untuk mengabadikan momen yang diberkahi tersebut. (iwa)

Respon Anda?

komentar