7 Ribu Jamaah Salat Ied di Engku Putri, Batam

1769
ilustrasi
ilustrasi

batampos.co.id – Setelah menjalani ibadah puasa selama sebulan penuh, umat Muslim di Indonesia akhirnya merayakan hari raya Idul Fitri 1473 H yang jatuh pada Rabu (6/7).

Di Batam perayaan Idul Fitri dimulai dengan pawai malam takbir pada malam sebelumnya dan pelaksanaan shalat Ied yang berpusat di dataran Engku Putri, Batam Center. Shalat Ied dimulai tepat pukul 07.00 WIB dan dihadiri sekitar 7.000 umat Muslim.

Pelaksanaan shalat Ied dengan pengawalan ketat aparat gabungan Polisi, TNI dan Satuan polisi pamong pelajar (Satpol PP) itu berlangsung aman dan tertib.

Pantauan di lapangan, sekitar 6.000  umat muslim mengikuti shalat Ied dalam kawasan dataran Engku Putri dan 1.000 an lainnya terpaksa menggelar sajadah di badan jalan depan Masjid Raya.

“Ya memang daya tampung lapangan dalam cuman bisa 6.000 an orang, jadi yang seribuan orang lainnya di luar,” kata humas Pemko Batam Ardi Winata yang juga panitia pelaksana Shalat Ied bersama tersebut.

Shalat Ied di lingkungan kantor Pemko Batam itu dimpimpin oleh imam H. Muslim Ahmad selaku imam Masjid Raya Batam dan H Luqman Rifa’I selaku khatib.

Dalam ceramahnya Luqman mengingatkan bahwa seluruh umat Muslim di Batam agar mampu memperbaiki dari agar lebih baik kedepannya demi mewujudkan kemajuan dan kemakmuran Batam serta kedamaian dan ketenangan dalam kehidupan bermasyarakat.

“Kita sudah menjalani puasa. Mental dan emosi kita sudah dilatih selama puasa dan kedepannya harus lebih baik lagi. Jaga emosi dan lakukan yang terbaik sesuai yang diajarkan Nabi kita Muhammad SAW,” ujar Luqman.

Sementara itu Muhammad Rudi, SE dalam arahannya menegaskan, momen Ramadan ini, semua elemen masyarakat di kota Batam harus bersatu padu untuk tetap menciptakan suasana Batam yang kondusif.

“Intinya kita semua harus kompak, seperti menjalani shalat Ied hari ini.  Shalat Ied bersama bukti bahwa masyarakat Batam sangat kompak,” ujar Rudi.

Hadir juga dalam pelaksanaan shalat Ied tersebut, wakil wali kota Batam Amsakar Achmad berserta jajaran SKPD di Pemko Batam serta mantan wali kota Batam Ahmad Dahlan. (eja)

Respon Anda?

komentar