Ribuan Wisatawan Padati Pantai Pelawan

564
Pesona Indonesia
Pantai Pelawan ramai dikunjungi pada akhir libur lebaran. foto:tri haryono/batampos
Pantai Pelawan ramai dikunjungi pada akhir libur lebaran. foto:tri haryono/batampos

batampos.co.id – Puncak liburan Lebaran dimanfaatkan warga dengan mengunjungi sejumlah objek wisata di Pulau Karimun. Pantai Pelawan, Kecamatan Meral Barat, dan Air Terjun serta Pantai Pongkar, Kecamatan Tebing, menjadi tujuan utama.

Pantai Pelawan paling banyak diserbu wisatawan pada Minggu (10/7). Tidak kurang dari seribuan warga tumpah diobjek wisata yang terletak di Desa Pangke Barat ini. Mereka tidak hanya datang dari Kabupaten Karimun, tetapi juga dikunjungi wisatawan manca negara seperti Singapura dan Malaysia.

”Ya kalau setiap libur begitu ramai objek wisatawan bahari di pantai Pelawan ini. Walaupun fasilitas kurang memadai, tapi antusias masyarakat yang berkunjung kesini tetap aja ramai,” kata Camat Meral Barat, Irwan Dinovri.

Wisatawan yang berkunjung ke Pantai Pelawan hampir rata-rata membawa sanak keluarga maupun rombongan. Berbekal makanan, mereka menikmati pesona pantai di sore hari di bawah pepohonan.

Biasanya warga memanfaatkan momen liburan hari raya Idul Fitri 1437 H untuk lebih mempererat talisilaturahmi di luar rumah. Sambil berereaksi membawa keluarga bermain di pantai dengan pasir yang tersebar di sekeliling pantai. ”Alhamudulillah, walaupun padat tapi aman dan tertib,” ungkapnya.

Kepadatan pengunjung pun terlihat di Pantai Pongkar. Anak-anak banyak menghabiskan waktu dengan berenang di pantai berpasir putih ini.

”Ngumpul sama keluarga aja bang. Mau keluar kota tak cukup, maklum tak lama lagi masuk sekolah anak-anak butuh dana banyak,” ucap Santi salah seorang pengunjung di Pantai Pongkar.

Pantauan di lapangan, sejak pagi hari suasana pantai Pelawan sudah mulai dipadati pengunjung. Mulai dari orangtua, remaja, hinggga anak-anak bersuka ria menikmati suasana pantai dengan deburan ombak. Ada yang berenang, bermain banana boad, bermain pasir di bibir pantai sambil menikmati hidangan yang dibawanya.

Sedangkan, tingkat hunian hotel terjadi kenaikkan dari hari-hari biasa. Rata-rata hotel maupun wisman penuh, oleh para wisatawan lokal maupun manca negara yang datang ke pulau Karimun. Untuk berekreasi di beberapa objek wisata disini.

”Naik sekitar 10 persen tingkat hunian hotel. Mmereka biasanya berburu kuliner khas masakan Melayu yang tersebar di sepanjang objek wisata,” ungkap salah seorang pengelola hotel. (tri/bpos)

Respon Anda?

komentar