271 PNS Bintan Bolos di Hari Pertama Kerja, Bupati Kesal

692
Pesona Indonesia
Apel hari pertama kerja di lingkungan Pemerintahan Kabupaten Bintan. foto:harry/batampos
Apel hari pertama kerja di lingkungan Pemerintahan Kabupaten Bintan. foto:harry/batampos

batampos.co.id – Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Bintan mendapati sebanyak 271 pegawai yang mengabdi di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bintan tak masuk kerja di hari pertama pasca cuti bersama Hari Raya Idul Fitri 1437 Hijrah. Dari jumlah tersebut, 1,79 persen beralasan cuti, beralasan sakit 0,87 persen, beralasan izin 2,11 persen dan yang berhalangan hadir karena mengikuti pendidikan 0,33 persen.

“Usai apel bersama dan halal bihalal kita lakukan absensi. Ternyata yang hadir hanya 94,90 persen saja dari 4.436 pegawai yang ada. Sedangkan 6,10 persennya lagi atau sekitar 271 pegawai bolos,” ujar Kepala BKD Bintan, Irma Annisa saat dikonfirmasi, Senin (11/7).

Walaupun didapati 271 pegawai tak masuk kerja, lanjutnya, BKD belum bisa menerapkan langsung himbauan tegas dari Bupati Bintan Nomor : 800/BKD/715 yang menjatuhkan sanksi bagi PNS yang tidak masuk kerja tanpa keterangan akan diberikan tindakan pemotongan tunjangan tambahan penghasilan berdasarkan beban kerja sebesar 10 persen setiap harinya.

Pasalnya, BKD belum mengetahui pastinya jumalah PNS, PTT maupun honorer kantor dari 271 pegawai tersebut. Karena pegawai yang kerja di Pemkab Bintan itu PNS ada 3.712 orang, PTT ada 48 orang dan honorer kantor ada 676 orang. Namun dapat dipastikannya, Selasa (12/7), sudah diperoleh secara rinci status pegawai yang tak masuk serta asal instansinya.

“Kita sedang melakukan pengecekkan secara khusus terhadap 271 pegawai yang bolos untuk mencari tahu status dan asal instansinya. Kalau sudah dapat akan kita kabari,” katanya.

Sementara Bupati Bintan, Apri Sujadi mengaku sangat kesal dengan pegawai yang membangkang terhadap kebijakan yang telah dibuatnya. Ini membuktikan bahwa pegawai yang mengabdi di bawah pimpinannya tidak disiplin serta tak bisa mendukung kemajuan roda pemerintahan.

“Saya minta BKD catat nama pegawai yang bolos masuk kantor hari ini. Saya akan berikan Sanksi tegas kepada mereka,” tegasnya.

Ingat, ancamnya, jangan sampai ada lagi pegawai yang melanggar kedisiplinan. Jika nantinya masih ada yang melanggar ia tak akan menolerirnya lagi. Sebab di pemerintahan yang dikomandoinya banyak tugas dan tanggungjawab yang harus terus ditingkatkan seluruh pegawai demi menuju Bintan Gemilang.

“Jangan sampai saya dengar ada pegawai yang masih bergentayangan di kedai kopi saat jam kerja. Pastinya akan saya tindak tegas,” ungkapnya. (ary/bpos)

Respon Anda?

komentar