Bule Berbikini di Pantai Bikin Heboh Medsos

528
Pesona Indonesia
Foto: Padang Ekspres/JPNN.com
Foto: Padang Ekspres/JPNN.com

batampos.co.id – Beberapa wisatawan asing yang berkunjung ke Pantai Padang, Sumbar, dan berjemur hanya mengenakan bikini, Minggu (10/7), menjadi perbincangan hangat di media sosial.

Meski pantai menjadi destinasi wisata, sebagian besar warga menolak bule bebas berbikini. Ada juga yang menilai perlu diadakannya zona khusus bagi bule untuk berjemur.

Pengamat pariwisata asal Unand, Sari Lenggogeni, menilai hal ini meski disikapi dengan segera. Dia menilai, langkah untuk mengantisipasinya adalah dengan zonasi.

Menurut Lenggogeni, para turis tetap harus patuh pada nilai-nilai budaya di daerah yang dikunjunginya.

”Kita berbasis islami dari semua rencana pembangunan di Sumbar, makanya kemarin kita pilih berpromosi sebagai kawasan wisata halal. Kalau beberapa tempat yang menerapkan wisata halal, ada yang buat pemisahan pantai berdasarkan gender. Karena bule berjemur bukan untuk mengumbar, namun karena mereka susah mendapatkan terik matahari di daerah empat musim,” terangnya.

Sementara itu Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Padang, Medi Iswandi, mengatakan, begitu mendapatkan laporan, petugas langsung mendatangi wisatawan tersebut dan memberikan pengertian serta kain penutup untuk tubuh mereka.

Mendapati kasus tersebut, menurut Medi dia akan mengingatkan para wisatawan melalui hotel.

”Nanti kita akan sosialisasikan mengenai rambu-rambu pakaian di Padang melalui pengelola hotel,” pungkasnya. (w/sam/jpnn)

Respon Anda?

komentar