Usai Lebaran, RSUD Batam Banjir Pasien

568
Pesona Indonesia
Masyarakat  yang hendak berobat di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Embung Fatimah, Batuaji, Senin (11/7/2016) menunggu giliran. Foto: Dalil Harahap/Batam Pos
Masyarakat yang hendak berobat di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Embung Fatimah, Batuaji, Senin (11/7/2016) menunggu giliran. Foto: Dalil Harahap/Batam Pos

batampos.co.id – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Embung Fatimah Batam di Batuaji diserbu ratusan pasien sejak Senin (11/7/2016) pagi.

Pasien yang datang pada hari pertama masuk kerja setelah menjalani libur lebaran itu umumnya adalah pasien rawat jalan. Kondisi ini berbeda dengan hari-hari sebelumnya, dimana pasien rawat jalan tidak sebanyak itu.

Membeludaknya pasien rawat jalan itu karena sebagian pasien beranggapan bahwa klinik rawat jalan juga tutup selama libur Lebaran. Padahal klinik rawat jalan sudah dibuka sejak, Sabtu (9/7/2016) lalu.

“Nggak tahu kalau sudah buka dari hari Sabtu kemarin, pikirnya masih tutup, makanya baru hari ini saya ke sini,” ujar Ernawati, pasien di poliklinik THT, Senin (11/7).

Ernawati sendiri merupakan pasien yang mengalami gangguan pada telinga dan dia sudah rutin menjalani pengobatan di klinik THT RSUD, namun sepekan belakangan ini tidak bisa datang kontrol karena poliklinik rawat jalan tutup sejak tanggal 4-9 Juli. “Makanya baru hari ini saya kembali kontrol,” katanya.

Senada disampaikan oleh Robyn, pasien di poli syaraf. Dia terpaksa mengantre sejak pagi. “Cuma kontrol saja sih, bengkak leher dan pipi saya katanya ada kaitan sama syaraf. Sudah seminggu ini gejala penyakit ini, tapi kemarin-kemarin kan masih sibuk silaturrahmi dengan saudara dan kerabat jadi baru hari ini saya datang cek,” ujarnya.

Kedatangan pasien di klinik rawat jalan itu disambut baik oleh petugas medis di sana sebab seluruh petugas medis untuk semua klinik rawat jalan yang ada sudah aktif masuk kerja.

“Kalau aktif sudah dari tanggal 9 kemarin pak, hari ini memang agak banyak ya mungkin pasien pikir kami masih libur kemarin-kemarin,” ujar salah satu petugas medis di lantai II gedung rawat jalan RSUD Embung Fatimah.

Sementara itu pihak manajemen RSUD belum bisa memberikan keterangan pasti terkait pelayanan pascalibur Lebaran itu. Humas RSUD Nuraini saat dikonfirmasi tidak berada di tempat dan nomor ponselnya juga tak aktif. “Ibu lagi keluar,” kata salah satu petugas keamanan di gedung manajemen RSUD.

Tidak saja RSUD, warga yang membutuhkan pelayanan dari kantor camat juga terlihat membludak di kantor Camat Batuaji. Hari pertama masuk kerja itu kantor Camat Batuaji diserbu puluhan warga.

Warga yang mendatangi kantor camat Batuaji umumnya untuk mengurus atau mengambil kartu tanda penduduk (KTP) dan Kartu Keluarga (KK).

“KTP saya sudah diurus sejak dua minggu lalu, sebenarnya minggu kemarin diambil tapi karena masih libur baru hari ini saya ke sini,” ujar Diana, salah seorang warga.

Kedatangan puluhan warga itu terpantau dilayani dengan baik oleh petugas di sana.

Camat Batuaji Rinaldi M Pane kepada koran Batam Pos (grup batampos.co.id) menuturkan, memang dihari pertama masuk kerja itu, semua staff dan pegawai di kantor camat tersebut semua sudah aktif bekerja.

“Ada 72 anggota dan semuanya sudah aktif masuk, jadi pelayanan di hari pertama sudah normal adanya,” ujar Rinaldi. (eja)

Respon Anda?

komentar