Buang Sampah Sembarangan, Denda Rp 500 Ribu Menanti

503
Pesona Indonesia
Riono. foto:yusnadi/batampos
Sekretaris Kota Tanjungpinang, Riono. foto:yusnadi/batampos

batampos.co.id – Peraturan Daerah (Perda) Persampahan akan segera diterapkan. Dengan begitu, bagi warga yang kedapatan membuang sampah sembarangan harus membayar denda administrasi tiga kali biaya operasional atau sebanyak Rp 500 ribu.

Itu sesuai dengan yang tercantum dalam Perda Nomor 3 tahun 2015, tepatnya di pasal 23. “Ini untuk memberikan kesadaran bagi individu,” ujar Sekretaris Kota Tanjungpinang, Riono, Selasa (12/7).

Apabila pelanggar tersebut tidak juga membayarkan denda tersebut, maka bisa dikenai sanksi di pasal 57 dalam Perda serupa, yaitu dikenai sanksi pidana maksimal kurungan selama tiga bulan, dan denda sebesar Rp 50 juta.

Secara teknis, kata Riono, pengawasan Perda akan dilaksanakan oleh instansi terkait, yaitu Dinas Kebersihan, Pertamanan dan Pemakaman Kota Tanjungpinang.

Wali Kota Tanjungpinang, Lis Darmansyah mengatakan, Perda Persampahan akan diterapkan setelah Peraturan Wali Kota Tanjungpinang telah rampung. “Saat Ini tengah disusun Perwakonya,” ujarnya.

Tindakan ini, kata Lis, merupakan upaya untuk menumbuhkan kesadaran masyarakat dalam menjaga kebersihan.

Menurutnya, jika hanya mengandalkan pemerintah tanpa kerja sama masyarakat, maka Kota Tanjungpinang yang bersih tidak akan pernah tercapai.

Dikatakan Lis, Pemko Tanjungpinang telah menyediakan bak-bak sampah. Ada 40 bak sampah yang disebar di Kota Tanjungpinang. “Berapapun banyaknya tempat sampah, tidak akan cukup kalau tidak dibarengi kesadaran buang sampah di tempat sampah,” ujarnya. (Lra/bpos)

Respon Anda?

komentar