Express Air akan Buka Rute ke Anambas, Berharap Harga Tiketnya Murah

1477
Pesona Indonesia
Anggota  DPRD Natuna, Jasril (kemeja biru) bersama dengan manajemen Express Air di Jakarta beberapa waktu lalu. foto:istimewa
Anggota DPRD Natuna, Jasril (kemeja biru) bersama dengan manajemen Express Air di Jakarta beberapa waktu lalu. foto:istimewa

batampos.co.id – Kurang lebih sudah tiga tahun, di Anambas tidak ada penerbangan. Belakangan ini dikabarkan akan ada pesawat baru yakni Express Air akan masuk di Anambas. Pesawat jenis dornier air dengan kapasitas sekitar 32 penumpang. Rencananya akan digunakan untuk melayani rute Tanjungpinang-Matak.

Dengan adanya kabar tersebut warga ada yang senang namun ada juga yang terkesan biasa saja. Salah seorang warga Tarempa Wati, mengaku senang dengan adanya kabar akan masuknya pesawat Express Air. Karena diharapkan dapat menjadi salah satu alternatif untuk mempermudah menuju Anambas.

Meski demikian, dirinya berharap agar harga tiket pesawat tersebut normal seperti harga tiket penerbangan yang ada di kota-kita lainnya. “Kita berharap kalau jarak tempuh hanya satu jam, harga tiketnya tidak lebih dari Rp700 ribu,” ungkapnya kepada wartawan Senin (11/7).

Diakuinya harga tiket pesawat yang pernah melayani rute Anambas beberapa tahun lalu mencapai Rp1 juta. Hal tersebut dirasa kurang masuk akal karena harga tiket tersebut lebih mahal daripada penerbangan Batam-Surabaya pada saat hari-hari biasa.

“Batam-Surabaya saja yang memakan waktu 1,5 jam hanya Rp 600 ribu hingga Rp 800 ribu. Kenapa Batam Anambas hanya satu jam bisa lebih mahal, ada apa ini,” ungkapnya.

Sementara itu salah seorang pegawai Express Air, Fandi, membenarkan bahwasanya saat ini pihaknya sedang mengusahakan akan melayani rute Anambas. Meski belum tahu kapan akan selesai mengurus administrasinya. Dirinya hanya mengatakan bahwasanya pesawat Express Air lebih cepat dari pesawat sebelumnya. Jika sebelumnya Tanjungpinang-Matak ditempuh dengan waktu 1 jam 15 menit. Untuk pesawat Express Air diperkirakan kurang dari satu jam.

“Perkiraan kita tidak sampai satu jam sudah sampai, perkiraan hanya 50 menitan saja,” ungkap Fandi.

Namun ketika ditanya mengenai harga tiket, dirinya belum bisa memastikan berapa harga tiket yang nantinya akan dipatok. “Kita masih menghitung,” ungkapnya lagi.

Sebelumnya, Wakil Bupati Kepulauan Anambas Wan Zuhendra, mengatakan, Express Air Akan landing di Anambas dalam Waktu dekat. Bahkan pemerintah daerah Kabupaten Kepulauan Anambas (KKA) menargetkan sebelum lebaran express Air sudah dapat landing di Bandara Khusus Matak untuk melayani masyarakat yang ingin mudik lebaran.

Katanya, pihak Conoco Philips sebagai operator bandara khusus Matak sudah melaksanakan inspeksi di Perusahaan penerbangan Express Air. “Insya Allah direncanakan pada hari Rabu mendatang pihak Express Air yang akan turun melihat langsung kondisi Bandara Matak serta Run Way nya ,”kata Wan Jumat (10/6) silam. (sya/bpos)

Respon Anda?

komentar