Hujan Deras, Jarak Pandang di Hang Nadim hanya 200 Meter, 3 Pesawat Dialihkan

1032
Pesona Indonesia
Hujan deras mengguyur Batam, Rabu (13/7/2016) menyebabkan pendaratan maupun take off pesawat di Hang Nadim terganggu 25 menit. Foto: bandara.web.id
Hujan deras mengguyur Batam, Rabu (13/7/2016) menyebabkan pendaratan maupun take off pesawat di Hang Nadim terganggu 25 menit. Foto: bandara.web.id

batampos.co.id – Hujan deras yang mengguyur Kota Batam, Rabu (13/7/2017) sejak pukul 10.00 WIB, tak hanya menimbulkan banjir di puluhan titik di Kota Batam, tapi juga membuat penerbangan dan pelayaran kapal di Batam tertunda.

Di Bandara Hang Nadim Batam contohnya, penerbangan di bandara Internasional ini sempat ditutup hampir setengah jam. Tepatnya 25 menit, mulai pukul 11.10 sampai dengan pukul 11.35 WIB.

BACA JUGA: Hujan Deras Guyur Batam, Ini Titik Banjirnya

Selama tutup, tiga pesawat dari beberapa rute yang hendak mendarat terpaksa dialihkan ke bandara lain untuk menghindari hal-hal yang tak diinginkan.

“Jarak pandang hanya 200 meter, sementara untuk pendaratan maupun take off, minimal jarak pandang 500 meter,” ujar Kabag Umum Bandara Internasional Hang Nadim Batam, Suwarso.

Tiga penerbangan yang dialihkan tersebut, yakni: Garuda dari Jakarta tujuan Batam (terpaksa mendarat di Tanjungpinang), Batik Air (mendarat di Pekanbaru), danĀ  Lion juga mendarat di Pekanbaru.

Namun, pendaratan di bandara terdekat itu hanya sementara. Begitu jarak pandang normal, ketika pesawat itu terbang kembali ke Batam dan mendarat mulus di Bandara Hang Nadim Batam.

Karena pendaratan maupun penerbangan sempat tertunda akibat cuaca buruk, sejumlah penerbangan di bandara lainnya yang sejatinya menggunakan pesawat yang mendarat di bandara terdekat tadi, menjadi delay. (eggi)

Respon Anda?

komentar