Penerimaan Zakat Fitrah di Karimun Capai Rp 4,4 Miliar

533
Pesona Indonesia
ilustrasi
ilustrasi

batampos.co.id – Penerimaan zakat fitrah di Kabupaten Karimun yang dibayarkan oleh masyarakat yang mampu selama Ramadan yang dikoordinir oleh Kantor Kementerian Agama Kabupaten Karimun melalui unit pengumpul zakat (UPZ) cukup banyak dibandingkan pada tahun lalu.

”Angka sementara zakat fitrah yang kita terima dari masing-masing UPZ yang sudah dilaporkan kepada kita sampai dengan Senin (11/7) sebanyak Rp 4,4 miliar atau persisnya Rp 4.424.439.500. Kalau melihat jumlah sementara ini memang lebih besar dibandingkan tahun sebelumnya hanya sebesar Rp 3.691.665.00. Untuk itu, kita memprediksikan tidak menutup kemungkinan sampai dengan pertengahan bulan ini jumlahnya akan bertambah. Sebab masih ada UPZ yang belum melapor,” ujar Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Karimun, Aprizal,” Selasa (12/7).

Selain penerimaan zakat fitrah yang meningkat, katanya, dari segi penerima atau golongan yang menerima penyaluran berkurang. Pada tahun lalu, jumlah masyarakat atau kepala keluarga rumah tangga (KKRT) yang menerima zakat fitrah sebanyak 18.359 jiwa. Sedangkan, tahun ini yang menerima 17.929 atau berkurang 430 jiwa. Meski jumlah penerima ini sifatnya baru sementara, namun jika sampai batas waktunya kecil kemungkinan lebih besar jumlah penerimanya.

”Cukup besarnya penerimaan zakat fitrah selama Ramadan tahun ini tidak lepas dari banyak UPZ yang telah kita bentuk. Artinya, tidak saja pembayaran zakat fitrah itu diadakan di masjid-masjid. Namun, di jajaran satuan kerja perangkat daerah (SKPD) juga disiapkan. Dan, untuk tahun ini jumlah UPZ kita ada 79 lokasi. Dibandingkan tahun lalu jumlahnya hanya 62 lokasi,” papar Aprizal.

Dia menghimbau kepada UPZ yang masih belum melaporkan hasil pengumpulan zakat fitrah selama Ramadan ke Kantor Kementerian Agama Kabupaten Karimun agar segera melaporkannya. Sebab, jumlah keseluruhan zakat fitrah yang diterima di kabupaten ini akan dilapoorkan ke Kementerian Agama RI. Sehingga, akan dapat diketahui berapa jumlah secara nasional penerimaan zakat fitrah tahun ini. (san/bpos)

Respon Anda?

komentar