RPJMD Kepri Memuat Delapan Prioritas Pembangunan

759
Pesona Indonesia
Gubernur Provinsi Kepri Nurdin Basirun. Foto: Natalia Fatimah Laurens/JPNN.com
Gubernur Provinsi Kepri Nurdin Basirun. Foto: Natalia Fatimah Laurens/JPNN.com

batampos.co.id – Setelah dinanti-nanti dan mendekati tenggat, Gubernur Kepulauan Riau Nurdin Basirun menyerahkan rancangan Peraturan Daerah Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kepri tahun 2016-2021. Melalui sidang paripurna, Selasa (12/7) di Dompak, Gubernur Nurdin memaparkan kerja-kerja prioritas Pemerintah Provinsi selama lima tahun ke depan.

“Ini (RPJMD, red) akan menjadi acuan kerja selama lima tahun ke depan sehingga sesuai dengan visi-misi pemerintahan kami,” kata Nurdin.

Tercatat, ada delapan kerja prioritas yang bakal digesa Nurdin dan jajaran pemerintahannya. Yakni di bidang infrastruktur, bidang perhubungan, bidang kelautan, bidang pendidikan, bidang kesehatan, bidang pariwisata, pengentasan kemiskinan dan bidang lingkungan hidup.

Dalam lima tahun ke depan, sambung Nurdin, bidang infrastruktur akan menjadi fokus utama. Di antaranya adalah memulai kerja pembangunan jembatan di Lingga, Karimun, dan Natuna. “Kegiatan prioritas sebelumnya yaitu pembangunan tugu bahasa di Tanjungpinang,” kata Nurdin.

Adapun di bidang perhubungan, Nurdin menginginkan sudah mulai digesanya pembangunan sarana-sarana yang meningkatkan konektivitas antar pulau-pulau. Ini tentu selaras dengan visi-misi yang dipaparkan Nurdin yang berpasangan dengan Alm. Muhammad Sani semasa kampanye dahulu.

Tidak ada keraguan dalam pemenuhan target RPJMD ini. Dalam lima tahun mendatang, Nurdin optimistis semuanya dapat terwujud. “Untuk itu segala pihak mesti bekerja sama dan saling mendukung demi Provinsi Kepri yang lebih baik,” ujar mantan Bupati Karimun ini.

Sementara itu, Ketua DPRD Kepri Jumaga Nadeak meminta agar Ranperda ini bisa disusun secara komprehensif agar lebih mudah penjabarannya.

“Saya berpesan agar penyusunannya memperhatikan efektifitas,efisiensi, serta tepat sasaran sehingga mampu mewujudkan visi Gubernur terwujudnya Kepri sebagai bunda tanah Melayu yang sejahtera, berakhlak mulia, ramah lingkungan dan unggul dibidang maritim,” pesan Jumaga. (aya/bpos)

Respon Anda?

komentar