Asyikkk… Taman Monumen Bung Hatta Dibuka untuk Umum

934
Pesona Indonesia
BERSIH-BERSIH: Taman monumen Bung Hatta berada di samping gedung Istana Bung Hatta Bukittinggi, dibuka untuk umum, mulai kemarin (12/7). Sebelum dibuka, taman dibersihkan--edison janis/padek
BERSIH-BERSIH: Taman monumen Bung Hatta berada di samping gedung Istana Bung Hatta Bukittinggi, dibuka untuk umum, mulai kemarin (12/7). Sebelum dibuka, taman dibersihkan–edison janis/padek/jpg

batampos.co.id — Setelah cukup lama ditutup, Taman Monumen Bung Hatta yang berada di samping Istana Bung Hatta Bukittinggi, kemarin dibuka untuk umum. Sebelum dibuka untuk umum, taman tersebut dibersihkan.

Bukan hanya itu, lampu-lampu penerangan dan lampu hias banyak yang rusak dan pecah di taman yang diresmikan mantan Presiden RI, Megawati Desember 2003, diganti dengan yang baru. Bersama satuan kerja perangkat daerah (SKPD) terkait, pembenahan Taman Monumen Bung Hatta itu langsung dipimpin Wali Kota Bukittinggi, Ramlan Nutmatias.

”Ya, kami ingin taman monumen Bung Hatta dibuka untuk umum sebagai tempat rekreasi sejarah dan pendidikan,” ujar Ramlan.

Ramlan menegaskan, untuk menjaga keawetan dan kebersihan taman, pedagang dan pengamen dilarang masuk taman. Taman setiap hari akan dijaga petugas dengan waktu kunjungan pukul 06.00-18.00 hari biasa dan pukul 06.00 – 21.00 pada hari libur. ”Kami berharap semua pengunjung yang mendatangi taman ini menjaga kebersihan,” harap Ramlan.

Di sela-sela petugas melakukan pembersihan dan pembenahan taman, kesempatan tersebut tak disia-siakan oleh pengunjung Bukittinggi yang saat itu sedang bersantai di taman Jam Gadang dengan berfoto di Monumen Pustaka Bung Hatta dengan latar belakang patung Bung Hatta.

Taman Monumen Bung Hatta ini cukup luas, memanjang di sepanjang Jalan Jam Gadang menuju ke bawah sampai bertemu pertigaan dengan Jalan H Agus Salim yang dipagari oleh besi. Di puncak bukit kecil Taman Monumen Bung Hatta itu, patung perunggu Bung Hatta terlihat berdiri dengan kepala sedikit menunduk dan sebelah tangan terangkat ke atas seakan menyapa setiap orang yang tak henti berlalu lalang di jalanan di bawahnya.

Di bawah patung terdapat tulisan besar dari pelat logam di atas keramik yang berbunyi ”Taman Monumen Bung Hatta Bukittinggi”. Berpeci dan berkaca mata, dengan model celana dan baju khas yang sekarang sudah sulit ditemukan, Patung Bung Hatta di Taman Monumen Bung Hatta ini terlihat dengan senyum tipis. (jpg)

Respon Anda?

komentar