Angin Ribut, Nelayan Tunda Melaut

441
Pesona Indonesia
Nelayan. foto:dok
Nelayan. foto:dok

batampos.co.id – Hujan diserta angin kencang yang melanda Pulau Moro, Rabu (13/7) kemarin, membuat sejumlah nelayan mengurungkan niatnya untuk beraktivitas. Mereka terpaksa menunda melaut demi keselamatan.

“Tadinya kita sudah siap-siap melaut. Tak disangka-sangka, turun hujan diserta angin ribut dibarengi ombak besar. Makanya, kami urungkan niat melaut,” ujar Abner salah satu nelayan Moro, Rabu (13/7) kemarin.

Sejak istirahat tak melaut menangkap ikan untuk merayakan lebaran bersama sanak keluarga, baru kemarin para nelayan bersiap-siap kembali turun ke laut menangkap ikan. Tak tahunya pas buka tali motor pompong jaring dari ikatannya, cuaca tak bersahabat dan angin mulai berhembus kencang.

“Tak disangka baru dalam perjalanan sekitar sepuluh menit lepas pantai, tiba-tiba turun angin ribut dan ombak besar. Melihat kondisi cuaca tak bersahabat itu, mau tak mau terpaksa memilih balik haluan ke pantai untuk sementara istirahat dengan harapan cuaca angin ribut dan ombak besar itu bisa reda kembali untuk melanjutkan akitivitas menangkap ikan ke laut,” terangnya.

Sebenarnya, katanya, persediaan biaya kebutuhan dapur sudah sangat mendesak. Karenanya, untuk memenuhi biaya kebutuhan sehari-hari itu, nelayan berrencana kembali turun melaut menangkap ikan. Tak tahunya jadi tertunda disebabkan angin ribut disertai ombak besar.

“Insha Allah, jika angin ribut dan ombak reda, tak tertutup kemugkinan akan turun melaut menangkap ikan,” kata Abner diamini nelayan lainnya. (pst/bpos)

Respon Anda?

komentar