Gubernur : Festival Bahari Kepri Harus Kita Sukseskan

1346
Pesona Indonesia
Gubkepri Nurdin Basirun memimpin rapat persiapan Festival Bahari Kepri di Gedung Daerah Tanjungpinang, Rabu (13/7). F.Yusnadi/Batam Pos
Gubkepri Nurdin Basirun memimpin rapat persiapan Festival Bahari Kepri di Gedung Daerah Tanjungpinang, Rabu (13/7). F.Yusnadi/Batam Pos

batampos.co.id – Gubernur Kepri, Nurdin Basirun menegaskan Festival Bahari Kepri (FBK) yang merupakan rangkaian Sail Karimata 2016 harus terlaksana dengan sukses. Atas dasar itu, Nurdin meminta Kabupaten/Kota di Kepri turut menyemarakkan Parade Kapal Sungai Carang.

“FBK harus terlaksana dengan sukses. Masyarakat bisa ambil bagian dan memberikan dukungan penuh untuk kegiatan ini nanti,” ujar Gubernur Nurdin saat memimpin rapat evaluasi persiapan bersama pihak-pihak terkait di Gedung Daerah, Tanjungpinang, Rabu (13/7).

Menurut mantan Bupati Karimun tersebut, destinasi potesnsi wisata bahari di Kepri yang sangat mendukung. Sehingga menjadi satu alasan yang tak terbantahkan bagi suksesnya FBK yang merupakan rangkaian Sail Karimata 2016. Atas dasar itu, seluruh potensi wisata bahari yang ada di kabupaten/kota dan tersebar di seluruh wilayah Kepri harus ikut mendukung suksesnya acara Sail Selat Kalimata.

“Kawan-kawan media juga harus membesarkan kegitan ini. Sehingga tujuan kita untuk menjadikan Kepri sebagai Pintu Gerbang Wisata Bahari Indonesia bisa terwujud,” papar Nurdin.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Kepri, Guntur Sakti dalam paparannya mengatakan Sail Selat Karimata 2016 adalah program tahunan yang sudah digagas Pemerintah Pusat dan sudah berlangsung sejak tahun 2009. Lebih lanjut katanya, khusus untuk tahun 2016 ini, pelaksanaan Selat Sail Karimata dilaksanakan secara bersama dengan gabungan kepanitiaan yang melibatkan 4 provinsi.

Masing-masing Provinsi Kalimantan Barat, Riau, Jambi dan Kepri sendiri. Khusus Kepri nanti akan menjadi tuan rumah untuk festival bahari. Menurut Guntur, iven ini adalah festival pertama. Dimana Kepri akan menjadi tuan rumah untuk kegiatan festival bahari.

“Khusus untuk festival bahari Kepri, akan ada rangkaian kegiatan utama yang rencananya nantinya akan dihadiri langsung Presdien RI Joko Widodo,” papar Guntur.

Terkait adanya harapan dari Chief Operating Officer (COO) Batam Pos Group, Socrates yang menginginkan semua SKPD terlibat dalam Parade Kapal Sungai Carang, Guntur mengatakan untuk kegiatan ini, Gubernur sudah meminta seluruh SKPD menjadi peserta.

“Selain itu, Kabupaten/Kota juga akan diminta partisipasinya. Karena memang, kegiatan akan kita rancang elegan. Apalagi dalam suasana malam hari,” tutup Guntur.(jpg/bpos)

Respon Anda?

komentar