Skuad Prancis Dituduh Gunakan Doping Saat Euro 2016

891
Pesona Indonesia
Paket Guronsan kosong ditemukan di ruang ganti timnas Prancis. (foto: bild)
Paket Guronsan kosong yang ditemukan di ruang ganti timnas Prancis. (foto: bild)

batampos.co.id – Sebuah tuduhan kurang sedap menyasar tim nasional Prancis selepas gelaran Euro 2016. Harian terkemuka asal Jerman, Bild, merilis gambar yang diklaim sebagai bukti bahwa para penggawa timnas Prancis mengonsumsi doping selama tampil di Euro 2016.

Kabar tersebut muncul tiga hari selepas laga final, saat Prancis kalah 0-1 dari Portugal lewat gol tunggal Eder pada babak perpanjangan waktu menit ke-109 di Stade de France, Saint-Denis, Senin (11/7).

Bild, yang memperoleh akses masuk ke ruang ganti timnas Prancis selepas laga semifinal melawan Jerman, mempublikasikan dua foto yang diklaim terdapat gambar pak kosong Guronsan.

Guronsan bukanlah obat yang dilarang Badan Anti-Doping Dunia (Wada). Namun, diklaim merupakan “formulasi effervescent yang mengandung bahan peningkatan energi dan asam askorbat (vitamin C) untuk membantu tubuh dalam mengatasi kelelahan.” Dengan kata lain, Guronsan adalah stimulan kafein.

Bild telah berbicara dengan ahli doping Profesor Fritz Sörgel, yang memberikan pemikirannya tentang substansi Guronsan.

“Menurut Kode Anti-Doping WADA, usaha untuk mendapatkan keuntungan lebih dari pesaing, selain melalui kekuatan alami tubuh, dianggap doping.” terang Profesor Fritz Sorgel.

“Guronsan, bagi saya, itu jelas doping! Performa bisa meningkat dalam olahraga dengan kafein. Sudah terbukti. Hal ini juga meningkatkan kemampuan kognitif, yang berarti respons kecepatan,” imbuhnya.

Pernyataan itu yang membuat Bild yakin bahwa penggunaan Guronsan oleh para pemain Prancis adalah tindakan melanggar hukum olahraga.

Namun, klaim Bild belum tentu sepenuhnya terbukti benar. Apalagi, ada indikasi Bild selaku media yang memihak Jerman, mencoba mencari kesalahan Prancis selepas laga semifinal.

Seperti diketahui, Jerman harus takluk dengan skor 0-2 dari Les Bleus dan gagal melangkah ke partai puncak. (ira/JPG)

Respon Anda?

komentar