220 Pejabat Eselon III akan Dipromosikan untuk Duduki Jabatan Kadis

538
Pesona Indonesia
Apri Sujadi. foto:fatih/batampos
Apri Sujadi. foto:fatih/batampos

batampos.co.id – Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Bintan mendata ada 220 pejabat Eselon III dengan golongan IVa yang akan dipromosikan untuk mengisi ataupun menduduki kursi kepala dinas (kadis) di beberapa Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD). Namun untuk menduduki kursi kadis yang akan memiliki jabatan Eselon II tersebut, pejabat Eselon III wajib lulus mengikuti assesmen yang diselenggarakan oleh BKD.

“Assesmen ini akan kita gelar secepatnya pada Desember mendatang. Pasalnya penganggaran pelaksanaannya baru bisa direalisasikan pada Anggaran Pendapatan Belanja Daerah Perubahan (APBDP) 2016 ini,” ujar Kepala BKD Bintan, Irma Annisa saat ditemui di Kantor Bappeda Bintan, Kamis (14/7).

Dari 220 pejabat Eselon III yang sudah memenuhi kepangkatan untuk dipromosikan menjadi kadis, lanjutnya, ada sebagian yang mengundurkan diri dari bursa promosi kenaikan pangkat ke Eselon II. Mungkin, kata dia, pejabat tersebut tidak memiliki ambisi untuk menduduki kursi dengan jenjang pangkat yang lebih tinggi.

“Ada kita temui pejabat yang sudah kantongi pangkat IVa tapi tak berminat ikuti assesmen yang kita gelar nantinya. Mungkin mereka tak memiliki keinginan ataupun ambisi duduk dikursi kadis ataupun berkompetisi untuk naik ke Eselon II,” akunya.

Sedangkan untuk pejabat eselon II, masih kata Irma, tetap akan dilakukan mutasi ataupun pergeseran kedudukan. Karena pejabat Eselon II yang saat ini menjabat kadis sudah mengikuti asesmen yang digelar oleh Lembaga Assesmen Center Semarang yaitu Ananda LPT. Jadi dapat dipastikannya mutasi untuk Eselon II ini akan dilaksanakan Agustus mendatang.

“Ada 34 kadis yang dimutasi Agustus mendatang. Pastinya bulan depan tak akan ada kursi SKPD yang kosong untuk diisi oleh pejabat eselon III. Karena pejabat eselon III itu sendiri belum ada yang mengikuti assesmen,” jelasnya.

Bupati Bintan, Apri Sujadi mengatakan ada 10 pejabat Eselon III yang akan dipromosikan dalam kabinetnya untuk menduduki kursi kadis dan badan yang memiliki kepangkatan Eselon II. Dari total itu, tujuh pejabat akan mengisi kursi yang kosong karena pejabat lama memasuki masa pensiun dan tiga pejabat lagi akan mengisi kursi di dinas baru yang akan hadir di tahun ini.

“Jika itu tak bisa direalisasikan karena terhambat penganggaran. Maka akan kita lakukan pada Desember mendatang,” katanya.

Pejabat yang akan menduduki kursi kadis, sambungnya, diutamakan untuk pejabat yang loyal dan kapabel serta mengedepankan integritas. Lalu, bisa menerjemahkan visi misi yang dimiliki Bupati dan Wakil Bupati dalam ruang lingkup pekerjaan mereka.

“Paling utama harus mampu atau kapabel dan cekat dalam menyelesaikan tugasnya. Kemudian juga bisa merealisasikan berbagai program yang dibuat dalam kabinet kita,” ungkapnya. (ary/bpos)

Respon Anda?

komentar