Ada 127 Pulau di Natuna Belum Tersentuh dan Tidak Dihuni

1564
Peta Natuna
Peta Natuna

batampos.co.id – Kepala Bappeda Pemkab Natuna Hardinansyah mengungkapkan, Kabupaten Natuna memiliki 154 pulau. Namun baru 27 pulau dihuni, 127 pulau belum tersentuh, dan tujuh pulau terluar.

Hardinansyah mengatakan, diharapkan dengan percepatan pembangunan infsetruktur ekoonomi maritim di Natuna, dapat dirasakan menyeluruh masyarakat di 15 Kecamatan.

“Percepatan ekonomi maritim tidak hanya berdampak di Pulau Bunguran, tapi pemda harapkan bisa dirasakan di 15 Kecamatan,” kata Hardinansyah kemarin.

Misalnya sambungnya, persoalan listrik. Hingga saat ini terdapat 14 desa masih gelap. Bahkan penerangan listrik di Natuna masih 7 jam hingga 12 jam terutama di pulau-pulau.

“Kalau 14 Desa memang gelap gulita termasuk Pulau Laut. Ada layanan PLN tapi masih 7 jam sampai 12 jam, listrik juga harapan menjadi dampak percepatan pembangunan,” sebut Hardinasyah saat rapat koordinasi dengan Deputi Bidang Koordinasi Infrastruktur Kemenko Maritim di kantor Bupati.

Tidak hanya persoalan listrik di pulau terluar, sambung Hardinansyah, persoalan air bersih masih belum optimal, termasuk di pusat Kabupaten. Hingga di beberapa pulau Kecamatan.

Persoalan akses telekomunikasi, kata Hardinansyah, masih mendominasi di pulau-pulau. Perlu dibenahi agar mudah mengakses informasi.

“Masalah sarana prasaran konektifitas, komunikasi masih menjadi persoalan belum diselesaikan. Kami harapkan hal ini punya imbas dalam percepatan ekonomi maritim,” harap Hardinansyah.(arn/bpos)

Respon Anda?

komentar