Akibat Cuaca Buruk KSOP Tanjungpinang Tunda Keberangkatan Sejumlah Kapal

973
Pesona Indonesia
Pelabuhan Sri Bintan Pura Tanjungpinang. foto:yusnadi/batampos
Pelabuhan Sri Bintan Pura Tanjungpinang. foto:yusnadi/batampos

batampos.co.id – Hujan lebat disertai angin kencang mengguyur Kota Tanjungpinang, Kamis (14/7) siang, membuat Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas II Tanjungpinang, kembali menunda keberangkatan sejumlah kapal yang melayani rute antar pulau.

Kepala Pos Pelabuhan SBP, KSOP Tanjungpinang, Sutoyo, mengatakan pihaknya terpaksa menunda keberangkatan kapal, baik kapal tujuan Batam dan juga sejumlah pulau lainnya karena selain hujan dan angin. Juga disertai petir dan gelombang tinggi.

”Penundaan keberangkatan terpaksa kami lakukan untuk menjamin keselamatan penumpang dan muatan kapal,”ujar Sutoyo.

Dikatakan Sutoyo, kapal yang melayani rute antar pulau tersebut. Akan di perbolehkan pihaknya untuk berangkat, setelah cuaca membaik. Hal itu untuk menghindari insiden di laut.

”Kapal kami tunda keberangkatannya satu jam lebih. Setelah cuaca membaik, kapal rute antar pulau, Senayang, Dabo, dan Batam, kami perbolehkan untuk berangkat,”kata Sutoyo.

Salah seorang penumpang Kapal Superjet tujuan Dabo Singkep, Abdul Kadir, mengatakan penundaan kapal akibat cuaca buruk tersebut, tidak masalah baginya. Karena penundaan keberangkatan yang dilakukan KSOP demi keselamatan penumpang dan pelayaran.

”Karena kalau di paksa kan berangkat, siapa yang mau menjamin keselamatan penumpang kalau terjadi sesuatu yang tidak di inginkan dilaut,”ujarnya.

Pantauan di pelabuhan SBP, ratusan penumpang, terlihat menumpuk di ruang tunggu Pelabuhan SBP. Mereka menunggu cuaca cukup baik, untuk melanjutkan perjalanan. Untuk penumpang, yang kapalnya di perbolehkan berangkat. Setiap penumpang di minta untuk antre dan menunjukkan boarding pas sebelum memasuki kapal.(ias/bpos)

Respon Anda?

komentar