Viral Fest Asia 2016, Pestanya Para Youtuber Mulai Digeber Malam Ini

811
Pesona Indonesia
Salah satu bagian Garuda Wisnu Kencana, lokasi perhelatan Festival Youtuber Asia 2016 (Viral Fest Asia 2016) di Bali. Foto: balifantastic.com
Salah satu bagian Garuda Wisnu Kencana, lokasi perhelatan Festival Youtuber Asia 2016 (Viral Fest Asia 2016) di Bali. Foto: balifantastic.com

batampos.co.id – Viral Fest Asia 2016 yang merupakan pesta para youtuber Asia mulai digeber Jumat (15/7/2016) malam ini di Garuda Wisnu Kencana (GWK), Bali. Komunitas youtuber dan medsos seluruh Asia bakal bikin heboh.

Menariknya, pesta akbar ini dimeriahkan puluhan artis papan atas dari berbagai negara di dunia. Sayang sekali melewatkan event akbar ini.

Bagi Menteri Pariwisata Arief Yahya, memastikan hadir menemui para aktivis media sosial berbasis video itu dalam kemasan acara gala dinner malam ini.

Mantan Dirut PT Telkom itu akan mengatakan paling tidak ada tiga alasan penting untuk hadir dalam pesta besar para digital content di Viral Fest Asia 2016 ini.

“Pertama, forum ini tempat bertemunya komunitas medsos Youtuber, yang ahli memviralkan karya-karya videososial mereka,” ujar Menpar Arief Yahya, di Jakarta.

Undangan Mr Fred Chong, CEO Grup WebtvAsia bersama Youtubers se Asia, itu berpotensi menjadi komunitas endorser untuk Wonderful Indonesia. Objek keindahan alam, keragaman budaya, tradisi, adat istiadat, kesenian dan sebagainya adalah kekuatan atraksi peiwisata Indonesia.

Dengan mudah, objek video itu bisa membuat orang lain terpikat dan menjadi promosi yang efektif.

“60 persen orang paling suka lihat video, atau gambar bergerak. 35 persen baru foto statis, dan 5 persen orang masih suka membaca text,” jelas Arief Yahya.

Karena itu, selain dekat dengan para fotografer dan reporter atau blogger yang hobi membuat report di personal web mereka, Arief Yahya merasa perlu kenal secara akrab dengan para pembuat dan up loader youtube dan platform video di medsos.

“Community youtubers ini juga bagian dari C dalam pentahelix, salah satu kunci sukses promosi dan pengembangan pariwisata juga. Pentahelix itu adalah kolaborasi aktif antara Academician, Business, Community, Goverment dan Media,” kata Marketeer of The Year 2013 versi MarkPlus itu.

Kedua, Great Bali adalah destinasi utama pariwisata Indonesia. Pemilihan pesta para youtubers di Pulau Dewata itu sangat menguntungkan Indonesia, karena semua pegiat medsos itu akan tiba di Bali.

“Sudah otomatis, mereka akan merekam keindahan pariwisata Bali dengan baik. Bali akan terpublikasikan di digital media lebih gencar lagi, karena mereka-mereka itu punya penggemar, punya fans, punya friends, punya followers yang dengan mudah akan mengklik hasil karya mereka di Bali, termasuk pertemuan itu,” ungkapnya.

Lokasi di GWK sendiri sudah keren, untuk diambil dari atas melalui drone. Kalau acaranya dua hari, mereka minimal 3-5 hari berada di Bali, untuk mengabadikan Bali dengan segala destinasi unggulannya.

Garuda Wisnu Kencana merupakan Taman Budaya bertaraf internasional yang dirasa tepat untuk dijadikan tempat berkumpul 8000 orang yang akan menghadiri dan menyaksikan konser musik 15 Juli itu.

Expedisi Elang Nusantara Telkomsel yang menerbangkan drone dari Sabang dan Merauke, melintasi lebih dari 50 kota juga bertemu di GWK.

Lokasi ini sangatlah cocok dan layak, karena sebelumnya pun, GWK juga pernah menjadi tempat penyelenggaraan banyak festival dan salah satunya adalah Dreamfields.

“Bali selalu dianggap sebagai destinasi kelas dunia untuk event berkelas internasional, mulai dari musik, seni, budaya, olahraga, bahkan untuk KTT pemerintah. Kami sangat senang bahwa Bali telah dipilih sebagai tempat untuk Viral Fest Asia,” kata Arief Yahya.

Tujuan Wonderful Indonesia dan Pesona Indonesia adalah untuk menarik wisatawan dari seluruh dunia untuk mengunjungi Indonesia dan untuk wisatawan domestik untuk melakukan perjalanan di negeri mereka sendiri.

“Tahun ini, Kementerian saya telah memulai kampanye agresif untuk menarik lebih banyak wisatawan untuk mengunjungi bangsa kita untuk mencapai target kami yaitu,15 juta wisatawan per bulan. Kami sangat senang bahwa Viral Fest Asia, dengan tema ‘Celebrate Asia’, adalah cara yang sempurna untuk mendorong semua wisatawan Asia untuk berkumpul untuk acara ini,” tegas Arief yang jebolan ITB Bandung, Surrey University England, dan Unpad Bandung itu.

Soal viral dan media sosial, Arief Yahya memang sudah punya rencana khusus, untuk mempromosikan pariwisata. Promosi melalui digital dan media sosial adalah cara kreatif dan pintar untuk memajukan pariwisata.

“Ini ketemu momentum di Bali. Kami akan all out di Media Sosial, promosi dan PR-ing, dengan mengintegrasikan semua potensi yang ada, termasuk endorser,” ungkap Arief Yahya.

Di Festival in, seperti mengirimkan pesan yang kuat dari kebersamaan dan promosi Identitas Kreatif Asia kepada dunia yang akan menonton siaran langsungnya.

“Kebersamaan adalah kekuatan, dan dengan kekuatan kita menemukan harapan. Sebuah harapan bahwa musik dan kesenian mengilhami kita semua.”

‘Celebrate Asia’ adalah sebuah acara untuk merayakan nilai-nilai intrinsik Asia. Sekaligus memperlihatkan kepada dunia mengenai keunikan bakat, kreativitas dan inovasi Asia.

Dengan melanjutkan tema ini, WebTVAsia menyatukan YouTubers terkemuka dari Indonesia dan negara lainnya dari seluruh Asia untuk berbagi dan berkolaborasi.

Ketiga, lanjut Menpar, kegiatan ini sudah pasti memiliki media value yang besar. Diikuti oleh 12 negara, dan diliput oleh media internasional dan nasional.

“Dan, akan menjadi viral yang kuat dan bisa menginfluence publik di media digital,” kata Arief, sambil mengingatkan peran penting platform digital di masa kini dan mendatang.

Semakin digital, semakin global. Semakin digital semakin personal. Semakin digital, semakin profesional. “Kita harus memulai dari akhir, memulai dari digital. Itu seperti keniscayaan, yang tidak bisa dihindarkan,” aku Pria asal Banyuwangi itu. (inf)

Respon Anda?

komentar