Ikuti Assesmen, Pejabat Eselon di Pemkab Karimun Tes Baca Alquran

801
Pesona Indonesia

batampos.co.id – Sebelum melakukan mutasi di lingkungan Pemerintah Kabupaten Karimun beberapa bulan ke depan, pasangan Bupati Karimun periode 2016-2021, Aunur Rafiq-Anwar Hasyim terlebih dulu melakukan assesmen atau semacam ujian untuk pejabat yang duduk di eselon II dan eselon III.

”Assesmen yang kita laksanakan ini sebagai bentuk amanat dari Undang-undang Aparatur Sipil negara (UU ASN) Nomor 14 tahun 2014. Artinya, sebelum menempatkan pejabat pada suatu jabatan, maka terlebih dulu dilakukan assesmen. Untuk tahap pertama ini, kita melaksanakan untuk 27 orang pejabat yang saat ini menduduki jabatan eselon II. Dalam pelaksanaannya kita melibatkan Komisi ASN yang merupakan lembaga non struktural yang bebas dari politik untuk melakukan pengujian,” ujar Bupati Karimun Aunur Rafiq, kemarin (15/7).

Untuk pelaksanaan assesmen terhadap pejabat eselon II sudah dilaksanakan beberapa hari lalu. Termasuk juga ujian membaca kitab suci Alquran untuk setiap pejabatnya. Kemudian juga dilakukan tes urine dan tes kemampuan sesuai dengan eselonnya. Dalam ujian tentu ada yang lulus dan tidak lulus. Namun, dia berharap semuanya lulus. Tapi, seandainya ada yang tidak lulus assesmen, maka tidak menutup kemungkinan eselonnya turun.

”Bagi pejabat yang saat ini tidak lulus dalam mengikuti assesmen, maka sudah tentu kita tidak bisa menempatkan pada jabatan di eselon II. sebab, melalui ujian asesmen ini ingin mendapatkan ASN yang profesional dan berkinerja dibidangnya sesuai dengan kemampuan yang dimiliki berdasarkan hasil assesmen. Ujian assesmennya sendiri tidak sekaligus, melainkan bertahap dalam jangka waktu tertentu sampai dengan bulan ini,” jelasnya.

Bupati Karimun, Aunur Rafiq dan Wakil Bupati, Anwar HS sedang menyimak Kepala Dispenda Kabupaten Karimun, M Firmansyah mengaji sebagai salah satu ujian assesmen eselon dua. foto:sandi/batampos
Bupati Karimun, Aunur Rafiq dan Wakil Bupati, Anwar HS sedang menyimak Kepala Dispenda Kabupaten Karimun, M Firmansyah mengaji sebagai salah satu ujian assesmen eselon dua. foto:sandi/batampos

Setelah itu, lanjut Bupati, akan dilanjutkan dengan assesmen untuk pejabat eselon III. Sebagai kepala daerah tentunya menginginkan jajarannya, khususnya pejabat yang memiliki jabatan di eselon II dan III benar-benar memiliki skill dalam menajalankan tugasnya. Selain itu, selain memiliki kemampuan dalam menjalankan tugas dan tanggungjawab, yang perlu diperhatikan adalah kedisiplinan dari seorang pejabat untuk memberikan contoh kepada stafnya. (san/bpos)

Respon Anda?

komentar