ISIS Umumkan Kematian Menteri Perangnya

825
Pesona Indonesia
Abu Omar al-Shishani, Komandan Perang ISIS saat masih hidup. Foto: istimewa
Abu Omar al-Shishani, Komandan Perang ISIS saat masih hidup. Foto: istimewa

batampos.co.id – Salah seorang komandan Islamic States atau Negara Islam (ISIS), Abu Omar Al Shishani, dikabarkan tewas.

Pada Rabu (13/7/2016), berita tentang kematiannya dimuat di Amaq, kantor berita yang biasa dipakai ISIS. Amaq menulis bahwa Shishani tewas di Kota Shirqat di selatan Kota Mosul, Iraq.

Dia tewas saat bertempur untuk mempertahankan Kota Mosul. Kota terbesar kedua di Iraq itu memang masih dikuasai ISIS. Saat ini pasukan Iraq tengah mengepung sekelilingnya untuk mendapat kembali kota tersebut.

Mengetahui berita kematian Shishani itu, para pendukung ISIS berang. Mereka ramai-ramai menyerukan serangan untuk menghormati kematian Shishani. Militan berjenggot merah tersebut memang bukan orang sembarangan. Dia masuk dalam daftar militan paling dicari Amerika Serikat (AS).

Pentagon menyebutnya sebagai menteri perang ISIS. Shishani juga disebut sebagai orang dekat dan penasihat militer pucuk pimpinan ISIS Abu Bakr Al Baghdadi. Pada Maret lalu, Pentagon menyatakan membunuh Shishani dalam sebuah serangan di Syria. Namun, saat itu Amaq menulis berita yang membantah pernyataan Pentagon.

Tetapi, Kepala Pengamat HAM Syria Rami Abdelrahman mengungkapkan bahwa Shishani sebenarnya sudah lama tewas. Militan yang dijuluki Omar dari Chechnya itu terluka dalam serangan Maret lalu sebelum akhirnya meninggal di desa di timur Raqqa.

’’Saya mengonfirmasi (kematiannya, Red) dari dokter yang pergi untuk merawatnya,’’ ujar Abdelrahman.

Organisasi yang berbasis di Inggris itu memang mengumpulkan informasi terkait dengan perang Syria melalui orang-orang yang masuk dalam kontak jaringan mereka. Menurut Abdelrahman, ISIS memang kerap menunda pengumuman kematian para petingginya. Tujuannya adalah ada waktu untuk mencari penggantinya. Jadi, begitu pengumuman keluar, sudah ada penggantinya. (Reuters/CNN/sha/c14/any)

Respon Anda?

komentar