PLTS Tanjunghutan Beroperasi 24 Jam, Pulau Buru Kini Terang Benderang

487
Pesona Indonesia
ilustrasi PLTS.
ilustrasi PLTS.

batampos.co.id – Penduduk Desa Tanjunghutan, dan Tanjungbatu Kecil, Kecamatan Buru, sudah menikmati listrik 24 jam. Menyusul, telah beroperasinya dua unit mesin Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) .

“Alhamdulillah, sekarang warga Tanjunghutan, dan Tanjungbatu Kecil sudah bisa menikmati listrik sejak beroperasinya PLTS,” ungkap Kades Tanjunghutan, Iskandar di sela-sela kunjungan Bupati Aunur Rafiq beberapa waktu lalu.

Dikatakan Iskandar, keberadaan PLTS Tanjunghutan sangat membantu 800 kepala keluarga di dua desa tersebut. Meski harus iuran untuk operasional PLTS bantuan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, namun warga sangat terbantu.

“Selama ini, warga hanya menikmati listrik malam hari. Dengan adanya PLTS, listrik sudah bisa dinikmati selama 24 jam,” tuturnya.

Terpisah Camat Buru, Hasan Hidayat berharap, warga setempat menjadi lebih produktif dalam meningkatkan perekonomian dengan memanfaatkan listrik yang mengalir ke rumah siang dan malam. Terutma mendorong pengembangan wisata, seperti objek wisata air panas di Desa Tanjunghutan.

“Kami memuji kerja keras masyarakat dua desa ini. Mereka sukses mengelola listrik secara mandiri, dan patut menjadi contoh untuk desa-desa terpencil lainnya,” ucap Hasan Hidayat. (enl/bpos)

Respon Anda?

komentar