WNI di Turki Diminta Tenang, Ini Nomor Kontak KBRI

547
Pesona Indonesia
Rakyat Turki berkumpul di depan Bandara Ataturk, Istanbul menentang upaya kudeta militer. Foto: Ihlas/reuters
Rakyat Turki berkumpul di depan Bandara Ataturk, Istanbul menentang upaya kudeta militer. Foto: Ihlas/reuters

batampos.co.id -Upaya kudeta militer terhadap pemerintahan Presiden Turki Erdogan sempat membuat warga negara Indonesia di Turki maupun keluarganya di tanah air panik. Termasuk mereka yang terjebak di bandara Internasional Ataturk, Istanbul, Turki, yang sempat dikuasai militer.

Namun, Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) memastikan kondisi WNI di sana baik-baik saja. KBRI di Turki juga sudah menginformasikan kepada WNI agar tetap tenang.

Melalui pernyataanya, Menlu Retno Marsudi mengatakan telah menelepon sekitar 25 WNI yang terjebak di bandara Ataturk, Sabtu (16/7/2016).

“Dalam pembicaraan tersebut Menlu Retno menenangkan para WNI, mengimbau mereka agar tetap tenang dan tidak panik, untuk tidak keluar dari bandara, memberikan update situasi keamanan terakhir serta memastikan bahwa KJRI Istanbul sudah mengetahui keberadaan mereka dan akan segera memberikan bantuan yang diperlukan begitu dibuka akses ke Bandara,” ujar pernyataan Kemlu RI.

Kemlu mengatakan, sejak menerima informasi soal kudeta dari Kedutaan Besar RI di Ankara, Retno terus memantau situasi dan berkomunikasi dengan perwakilan di Turki.

Menlu Retno meminta KBRI di Ankara dan Konsulat Jenderal RI di Istanbul memastikan kondisi WNI di Turki yang kemungkinan sedang transit, terutama mereka yang terjebak di bandara Ataturk.

“Perkembangan terakhir diperoleh informasi dari otoritas setemoat bahwa situasi pada umumnya telah berada di bawah kendali dan ibu kota Ankara sudah secara penuh dikuasai pemerintah,” ujar pernyataan Kemlu.

KBRI juga membuka kontak hotline bagi WNI, yaitu:

KBRI Ankara: +90 532 135 2298, +90 533 812 0760
KJRI Istanbul: +90 531 453 0351, +90 531 983 1534

(sumber: CNN Indonesia)

Respon Anda?

komentar