Diduga Terlibat Kudeta, Pemerintah Turki Pecat 2.745 Hakim

1102
Pesona Indonesia
Pendukung Presiden Tayyip Erdogan merayakan kegagalan kudeta dengan menaiki tank yang dipakai tentara untuk kudeta.  Foto: Yagiz Karahan/reuters
Pendukung Presiden Tayyip Erdogan merayakan kegagalan kudeta dengan menaiki tank yang dipakai tentara untuk kudeta. Foto: Yagiz Karahan/reuters

batampos.co.id – Tak hanya menangkap lebih dari 3.000 tentang yang diduga terlibat upaya kudeta Presiden Erdogan, sebanyak 2.745 hakim di seluruh turki juga diberhentikan.

Anadolu Agency melaporkan, pemerintah memberhentikan 2.745 hakim di seluruh Turki dan menangkap lebih dari 3.000 tentara karena diduga terlibat upaya kudeta tersebut.

Menurut seorang pejabat di Turki, rari hampir 3.000 hakim itu, dua hakim Mahkamah Konstitusi juga ditahan atas dugaan keterlibatan mereka dalam upaya kudeta.

Perdana Menteri Turki Binali Yildirim mengatakan, para pelaku kudeta yang gagal kan menerima setiap hukuman mereka secara layak.

Pemerintah, kata dia, juga bakal mengambil langkah untuk mengekstradisi Fetullah Gulen yang tinggal dipengasingan di Pennsylvania, Amerika Serikat, atas tuduhan mengobarkan pemberontakan.

Sementara itu, ada delapan prajurit Turki yang diduga ikut menggalang kudeta mendarat di salah satu bandara di Yunani.

Mereka menjadi pelarian dan meminta suaka ke Yunani, meskipun pemerintahan Turki mendesak untuk dilakukan ekstradisi kepada militer yang kabur itu. (nur/repbulika)

Respon Anda?

komentar