Iran Dukung Pemerintahan Erdogan, Tolak Kudeta Militer Turki

1165
Pesona Indonesia
Rakyat Turki turun ke jalan menentang kudeta militer. Ini juga wujud kecintaan mereka terhadap Presiden Erdogan. Foto: GURCAN OZTURK/AFP
Rakyat Turki turun ke jalan menentang kudeta militer. Ini juga wujud kecintaan mereka terhadap Presiden Erdogan. Foto: GURCAN OZTURK/AFP

batampos.co.id – Simpati sejumlah negara terhadap upaya penggulingan pemerintahan Presiden Recep Tayyib Erdogan terus mendapat dukungan dari negara-negara sahabat.

Negara yang kurang bersahabat seperti Iran pun menyatakan mendukung pemerintahan Presiden Recep Tayyib Erdogan tersebut.

Seperti diketahui, dua negara bertetangga ini berbeda pendapat dalam isu perang saudara Suriah. Iran adalah sekutu pemerintah Bashar al-Assad. Sementara Turki sebaliknya berpihak kepada kubu pemberontak.

Meski begitu, Iran hari ini mengesampingkan perbedaan tersebut dan menyatakan dukungan penuh kepada pemerintah Erdogan.

“Kami mendukung pemerintah Turki yang sah dan menentang segala bentuk kudeta, baik itu yang berasal dari dalam negeri ataupun didukung asing,” ujar Sekretaris Dewan Keamanan Iran, Ali Shamkhani usai menghadiri rapat yang dipimpin Presiden Hassan Rouhani di Tehran, Sabtu (16/7).

Menteri Luar Negeri Mohammad Javad Zarif mengaku sudah berkomunikasi melalui telepon dengan perwakilan Turki. Melalui akun Twitternya sang menteri menyampaikan keprihatinan atas ancaman terhadap rakyat dan demokrasi Turki.

Zarif juga memuji pendukung Presiden Erdogan yang dengan berani turun ke jalan untuk melawan pihak militer. “Keberanian bangsa Turki mempertahankan demokrasi dan pemerintah terpilih mereka membuktikan bahwa kudeta tidak memiliki tempat di wilayah kita dan akan selalu ditakdirkan untuk gagal,” ujar dia.

Pemerintah negara-negara Eropa seperti Jerman dan Inggris juga sudah menyatakan dukungannya kepada Erdogan tak lama setelah kudeta pecah. Amerika Serikat melalui Menteri Luar Negeri John Kerry pun melakukan langkah serupa. (reuters/dil/jpnn)

Respon Anda?

komentar