Lantik Rektor Baru, Unrika Siap Benahi Manajemen Kampus

1607
Pesona Indonesia
Prof. Dr Nasruddin Harahap, M Pd saat dilantik menjadi Rektor Universitas Riau Kepulauan (Unrika) Batam periode 2016-2020. Foto: Iman Wachyudi/ batampos.co.id
Prof. Dr Nasruddin Harahap, M Pd saat dilantik menjadi Rektor Universitas Riau Kepulauan (Unrika) Batam periode 2016-2020. Foto: Iman Wachyudi/ batampos.co.id

batampos.co.id – Rektor kampus Universitas Riau Kepulauan (Unrika) Batam di Batuaji periode 2016-2020 resmi berpindah tangan dari Prof Dr. H Zainuddin, M. Pd ke Prof. Dr Nasruddin Harahap, M Pd. Pergantian pimpinan tertinggi kampus itu ditandai dengan acara pelantikan rektor baru yang digelar di aula kampus Unrika, Sabtu (16/7) siang.

Penetapan rektor baru tersebut merupakan langkah pembaharuan pihak yayasan setelah masa jabatan Zainuddin selaku rektor lama telah usai.

Nasruddin dalam arahannya menyambut baik atas kepercayaan tersebut. Membangun sumber daya manusia dan mengidentifikasi persoalan dalam lingkungan kampus adalah langkah pertama yang akan dikerjakannya sebagai rektor baru tersebut.

“Jika selama ini interen kampus punya persoalan maka tugas saya sekarang adalah mengidentifikasinya. Setelah itu saya akan carikan solusi,” ujarnya disela-sela acara pelantikan tersebut.

Langkah selanjutnya adalah mengoptimalkan sumber daya manusia (SDM) yang ada di dalam kampus. “Selama ini memang sudah baik (SDM) dan kedepanya saya akan berusaha untuk yang lebih baik lagi mulai dari dosen, staf sampai ke mahasiswa semuanya,” tutur Nasruddin.

Untuk mewujudkan semua program kerjanya tersebut, Nasruddin berharap peran aktif semua pihak yang terlibat dalam kampus Unrika tersebut agar sama-sama mendukung program kerja yang diterapkannya. “Kalau tidak baik mari sama-sama kita perbaiki dan kalau memang bagus yang kita harus dukung satu sama lain,” tuturnya.

Ketua Yayasan Unrika Batam, Prof. Dr. H Amarullah Nasution, Se dalam arahanya menekankan beberapa poin penting yang harus diperhatikan oleh Nasruddin kedepannya. Poin pertama yang harus diperhatikan adalah meningkatkan tata kelola sistem manajemen kampus. “Termasuk job description para dosen dan dekan harus benar-benar diperhatikan,” ujarnya.

Seorang Rektor diharapkan mampu menekan agar para dosen dan tenaga pengajar lainnya memiliki sertifikasi dari pemerintah pusat. “Dengan sertifikasi, tidak saja mutu pendidikan yang bertambah, tapi para dosen bisa mendapatkan dana tambah dari pemerinta dan itu sangat penting,” tuturnya.

Selanjutnya, Amarullah juga berpesan agar Nasruddin mampu mengelolah data mahasiswa agar bisa sampai ke Kopertis dengan data yang lengkap. “Karena sampai sekarang masih banyak data yang kurang,” tuturnya.

Wakil ketua DPRD Kepri Amir Hakim Siregar yang turut hadir dalam acara pelantikan itu berharap agar pergantian Rektor itu bisa membawa perubahan pada kampus Unrika ke arah yang lebih baik lagi dengan mencetak sumber daya manusia yang unggul. “Harus bisa mencetak calon pemimpin yang arif dan bijak,” ujarnya.

Amir juga berharap agar manajemen kampus Unrika tetap bergandengan tangan dengan pemerintah untuk sama-sama membangun Kepri dan Batam ini. (eja)

Respon Anda?

komentar