Merah Putih Jadi Pembeda Tentara Pro dan Kontra Kudeta Turki

1840
Pesona Indonesia
Tentara Turki yang anti kudeta mengenakan pita putih merah di lengan. Foto: aksam
Tentara Turki yang anti kudeta mengenakan pita putih merah di lengan. Foto: aksam

batampos.co.id – Upaya kudeta Presiden Erdogan oleh kelompok militer Turki, Jumat malam (15/7/2016) berakhir dengan kegagalan.

Namun masyarakat sempat khawatir membedakan militer yang pro pemerintah dengan yang pro kudeta.

Nah, ternyata militer yang pro pemerintahan Erdogan dengan cepat bergerak melabeli diri untuk membedakan mereka pro pemerintah alias kontra kudeta dengan yang pro kudeta atau kontra pemerintah.

Militer yang pro pemerintah Erdogan dan menolak kudeta mengenakan merah putih yang mirip bendera Indonesia yang diikatkan di lengan mereka. Sementara militer yang pro pada kudeta tidak mengenakan tanda tersebut.

Media Turki, Aksam melansir, tentara, polisi, dan semua aparat keamanan yang tidak mendukung aksi kudeta diberi komando untuk melilitkan pita merah putih di lengan mereka. Ya, warna bendera Indonesia melingkar di lengan mereka.

Ini terbukti efektif. Di lapangan, ‘pasukan pita merah putih’ dengan mudah mengenal satu sama lain dan bisa dengan cepat mementahkan kudeta.

Sudah hampir 3.000 militer yang pro kudeta berhasil ditangkap. Rakyat Turki, polisi, dan militer yang setia kepada pemerintah bahu membahu menggagalkan jatuhnya pemerintahan. (adk/jpnn)

Respon Anda?

komentar