Komisi Uni Eropa Tuding Erdogan Rekayasa Kudeta Turki

1320
Pesona Indonesia
Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan. (foto: rt.com)
Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan. (foto: rt.com)

batampos.co.id – Tudingan adanya rekayasa yang dirancang Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan dalam peristiwa upaya kudeta militer yang gagal baru-baru ini semakin santer terdengar.

Setelah Fethullah Gulen, terduga utama yang dituduh pemerintah Erdogan berada di balik aksi kudeta militer Turki beberapa waktu lalu menuding balik Erdogan sendirilah yang melakukan rekayasa kudeta, kini tudingan terhadap Erdogan datang dari Komisi Uni Eropa.

Komisaris Uni Eropa, Johanned Hahn, mengungkapkan Turki ternyata telah memiliki daftar nama-nama lengkap siapa saja yang harus ditangkap dalam aksi kudeta militer sejak lama.

“Seolah setidaknya sesuatu sudah disiapkan. Daftar itu ada, yang mengindikasikan bahwa itu sudah disiapkan dan akan digunakan dalam situasi tertentu,” ujar Hahn.

Dalam laporan utamanya, CNN menyebutkan dalam wawancaranya Gulen mengungkap bahwa Erdogan sudah mengincarnya sejak lama pada 2013 untuk menangkap Gulen. Selain itu sejak itu pula Erdogan sudah memenjarakan ratusan pengikut Gulen.

Selauh ini, sekitar 6000 personel militer ditahan pemerintah Erdogan karena melakukan upaya kudeta yang menewaskan ribuan warga dan petugas. (PS)

Respon Anda?

komentar