Pelayanan di RSUD Ini Lumpuh, Semua Dokter Belum Balik dari Mudik

497
Pesona Indonesia
RSUD Labuha, Halmahera Selatan. Foto: istimewa
RSUD Labuha, Halmahera Selatan. Foto: istimewa

batampos.co.id – Entah bagaimana cara pengaturan dan kontrol di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Labuha, Halmahera Selatan, Maluku Utara. Tak ada satupun dokter di RSUD tersebut, sejak Minggu (17/7/2016) karena masih belum balik dari mudik.

Akibatnya, empat pasien yang penyakitnya parah dirujuk ke RSUD Ternate. Mereka diberangkatkan dengan menggunakan KM Uki Raya 04 saat malam dari Pelabuhan Babang.

Informasi yang dihimpun di lapangan, penyebab hal tersebut lantaran semua dokter masih mudik Lebaran dan belum kembali.

Menurut Jumain Karim, saudara kandung pasien, saudaranya terpaksa dibawa ke Ternate karena harus dirawat intensif.  Sementara itu, di RSUD Labuha, tak ada dokter sama sekali.

”Saya kecewa dengan pelayanan RSUD Labuha. Bupati harus memerhatikan hal ini,” katanya dengan nada tinggi.

Keluarga pasien lainnya, Umar Salim, meminta Pemkab Halmahera Selatan lebih memerhatikan pelayanan kesehatan di RSUD Labuha.

Salah seorang perawat yang mengantar pasien membenarkan belum kembalinya dokter dari mudik.

Jadi, lanjut dia, pasien yang dianggap kritis terpaksa dirujuk ke RSUD Chasan Boesoirie, Ternate. Sementara itu, pasien yang tersisa di RSUD Labuha ditangani perawat dan bidan.

Direktur RSUD Labuha Banani yang belum lama dilantik tak berada di rumah sakit. Ketika dikonfirmasi, sinyal handphone-nya berada di luar jangkauan.

”Kami tak tahu direktur berada di mana,” tutur salah seorang staf RSUD Labuha.

Dari sisi fasilitas, sebenarnya Rumah Sakit Labuha tidak terlalu ketinggalan.

Selain bangunan rumah sakit, ada juga tempat tinggal dinas untuk perawat, staf, dan dokter yang bekerja di sana.

Ada juga tempat unit transfusi darah, poliklinik, dan IGD. Ada juga ruang kebidanan, beberapa ruang perawatan, ICU (unit perawatan intensif), ruang operasi, apotek dan gudang farmasinya, ruang fisioterapi, pelayanan mata, laboratorium, pemeriksaan radiologi, dapur, musholla, dan kamar mayat. (cr-07/onk/mam/JPG)

Respon Anda?

komentar