Ruslan: Banyak Kepala Dinas ‘Angkat Telur’ Saja Kerjanya

691
Pesona Indonesia
Ruslan Kasbulatov. Foto:Cecep Mulyana / Batampos
Ruslan Kasbulatov. Foto:Cecep Mulyana / Batampos

batampos.co.id – Anggota Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Kepulauan Riau, Ruslan Kasbulatov bersuara lantang terhadap perbaikan kinerja jajaran pemerintah daerah. Menurutnya, kini sudah bukan lagi saatnya aparatur sipil negara unjuk kebolehan hanya dari sebatas kemampuannya ‘menjilat’ atasan, melainkan harus dibarengi dengan bukti dan hasil-hasil nyata dari kinerja selama ini.

“Saat ini saya lihat, masih banyak kepala dinas yang angkat telur saja kerjanya,” ujarnya ketus, kemarin.

Kedekatan dengan kepala daerah, sambung Ruslan, bukan indikator yang baik dalam menunjukkan hasil kerja seorang kepala Satuan Perangkat Kerja Daerah (SKPD). Karena itu, Ruslan berpesan kepada Gubernur Kepri Nurdin Basirun agar benar-benar memerhatikan jika ada bawahannya yang kerjanya hanya ‘menjilat’.

Kalau memang tidak layak kapabilitasnya untuk memimpin sebuah SKPD, Ruslan menyarankan agar Nurdin tidak ragu-ragu menggantinya dengan yang lebih berkemampuan. “Sebentar lagi Pak Nurdin juga sudah punya wewenang untuk melakukan reshuflle. Mana yang tidak baik kerjanya, ganti saja,” tegasnya.

Kinerja aparatur Pemprov Kepri, kata Ruslan, sepanjang tahun lalu memang jadi sorotan. Apalagi setelah banyak indikasi belum terpenuhnya capaian target yang dicanangkan. “Defisit anggaran ini belum terelakkan. Kalau kerjanya cuma angkat telor, kapan Pemprov bisa meningkatkan pendapatannya,” ungkap politisi dari Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan ini.

Beberapa waktu belakangan ini, kinerja Pemprov Kepri memang jadi sorotan jajaran anggota legislatif. Pada pelaksanaan Paripurna dengan agenda pandangan Umum Fraksi terhadap Laporan Pertanggungjawaban Pelaksanaan (LPP) APBD Kepri 2015, beberapa waktu lalu bahkan sempat tertunda akibat banyaknya kepala atau pejabat Pemprov Kepri yang berkompeten mangkir.

Anggota DPRD Kepri, Sukri Fahrial bersuara lantang tentang banyaknya perwakilan Pemprov Kepri yang mangkir. “Jangan seolah puasa membuat kita lupa dengan tugas. Hari ini saya lihat kita bukan lembaga terhormat. Karena nyatanya kehadiran mitra kita luar biasa minim. Padahal hari ini pemaparan dari apa yang telah mereka lakukan pada tahun lalu,” ucapnya. (aya/bpos)

Respon Anda?

komentar