Tugboat Cakra Tenggelam di Dasar Karimun Anak

1095
Pesona Indonesia
Ilustrasi
Ilustrasi

batampos.co.id – Tugboat (TB) Cakra 5 yang sedang menggandeng tongkang (TK) Best Link 1818 asal Batam tujuan Malaysia karam di perairan Karimun Anak pada Jumat (15/7) akibat dihantam ombak besar. Kapal karam itu diperkirakan tidak akan mengganggu lalu lintas pelayaran di sana.

”Dari keterangan nakhoda dan kru kapal yang berhasil selamat dari peristiwa tersebut serta melihat koordinat lokasi tempat tenggelamnya TB Cakra 5, maka kejadian ini tidak akan mengganggu lalu lintas pelayaran kapal-kapal kecil dan besar di lokasi tersebut. Pasalnya, kapal tersebut terbuat dari besi dan tenggelam di dasar laut yang kedalamnnya sampai 38 meter,” ujar Kepala Kantor Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan Tanjungbalai Karimun, Letkol (Mar) Eko Priyo Handoyo, kemarin (17/7).

Dia menyatakan bahwa lokasi tempat tenggelamnya TB Cakra 5 memang merupakan perairan yang biasa dilalui oleh kapal dari dalam dan luar negeri. Bahkan, tidak hanya kapal kecil yang bisa melalui perairan tersebut, namun juga kapal tanker berukuran besar. Sekalipun kapal berukuran besar yang melalui perairan tersebut tidak akan ada masalah dengan bangkai TB Cakra 5 yang tenggelam di sana.

”Lagi pula memang tidak ada kapal yang berukuran besar dengan draft atau bobot yang berlayar sampai menjejak sampai 38 meter. Dengan adanya peristiwa tenggelamnya TB Cakra 5, kita menghimbau kepada seluruh kapoal yang akan berlayar agar waspada dan berhati-hati. Khususnya, agar memperhatikan kondisi cuaca yang sewaktu-waktu berubah ekstrim. Jika memang tidak memungkinkan kita menyarankan untuk tidak melanjutkan perjalanan,” papar Eko.

Tenggelamnya TB Cakra 5 yang menggandeng TK Best Link 1818 milik PT Fajar Marindo Jaya Batam tidak ada korban jiwa. Nakhoda kapal, Junaedi dan 5 orang kru kapal berhasil menyelamatkan diri menggugakan perahu keselamatan yang ada di daloam TB Cakra 5. Kemudian nakhoda dan kru kapal naik ke atas tongkang yang sudah diputus tali gandengannya. (san/bpos)

Respon Anda?

komentar