Vaksin Dipalsukan, Bu Menkes Masih Bertahan

580
Pesona Indonesia
Menteri Kesehatan Nila F Moeloek
Menteri Kesehatan Nila F Moeloek

batampos.co.id – Ketua Komisi IX DPR Dede Yusuf menyatakan, Menteri Kesehatan (Menkes) Nila F Moeloek mestinya menyadari tentang kelalaiannya sebagai pejabat sehingga muncul kasus vaksin palsu. Menurut Dede, sudah semestinya Presiden Joko Widodo mengevaluasi kinerja Nila sebagai menkes.

“Biasanya pejabat itu memahami kalau dia salah, lalai, dia mengundurkan diri. Tapi kalau tidak, kita serahkan ke presiden sebagai pemimpin pelaksana eksekutif,” kata Dede di Jakarta, Senin (18/7), menjawab pertanyaan tentang perlu atau tidaknya Presiden Jokowi mencopot Nila.

Dede menambahkan, pergantian menteri atau pejabat setingkat menteri seperti kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) merupakan kewenangan presiden. Namun, kata Dede, siapa pun sah-sah saja mengusulkan pencopotan Nila.

Meski demikian Dede juga mengatakan, penanganan kasus vaksin palsu tak cukup hanya mengganti pejabatnya. Sebab, pejabat-pejabat sebelumnya pun harus bertanggung jawab karena kasus vaksin palsu sudah terjadi sejak 2003.

“Tolong dicatat, sanksi ini bukan untuk fasilitas kesehatan, dokter, bidan, bahkan pejabat sebelumnya yang membiarkan itu terjadi. Ini akan kita telusuri. Bagaimana pejabat yang lalu melakukan pengawasan supaya berimbang. Kenapa pemerintah lalai menjalankan fungsi pengawasan,” tandasnya.(fat/jpnn)

Respon Anda?

komentar