Kemenhan Perlebar Landasan Pacu dan Bangun Radar Canggih di Lanud Ranai

675
Pesona Indonesia
Siswa SD 011 Desa Batubi Kabupaten Natuna sat mengunjungi pesawat  Casa 212 / A-2107  yang sedang berada di apron Base Ops, Lanud Ranai. foto:aulia rahman/batampos
Siswa SD 011 Desa Batubi Kabupaten Natuna sat mengunjungi pesawat Casa 212 / A-2107 yang sedang berada di apron Base Ops, Lanud Ranai. foto:aulia rahman/batampos

batampos.co.id – Rencana Kementerian Pertahanan untuk memperkuat pertahanan udara di Natuna bakal serius diimplementasikan. Rencananya tahun depan landasan pacu Lapangan udara (Lanud) Ranai akan diperlebar lagi.
Danlanud Ranai Kolonel Penerbang Nurtantio Affan mengatakan, tahun depan Pemerintah Pusat sudah mengalokasikan anggaran untuk pelebaran runway (landasan pacu) Lanud Ranai.

Pelabaran ini, lanjut Nurtantio, untuk mendukung operasi pangkalan udara dalam mendaratkan pesawat yang berbadan besar di Natuna. ”Rencananya skuadron Sukhoi akan disiagakan di Natuna,” kata Nurtanti, Senin (18/7).

Tahun lalu, runway sudah dilakukan overlay yakni memperbaiki kerusakan dan menambah ketebalan. Untuk mendukung operasional pangkalan, diperlukan pelebaran landasan.
Demi memperkuat pertahanan di wilayah perbatasan, Pemerintah Pusat juga akan membangun radar yang lebih canggih. Saat ini sedang proses pembebasan lahan.

Seperti diketahui, sejak Cina terus mengklaim wilayah zona ekonomi ekslusif Natuna di laut cina selatan sebagai wilayah tangkapan tradisional, Natuna menjadi perhatian Presiden Joko Widodo. Bahkan saat ini Bupati Natuna Hamid Rizal kembali diundang ke istana negara membahas kelanjutan program percepatan pembangunan perbatasan Natuna. (arn/bpos)

Respon Anda?

komentar