Dia Spesialis DVI Langsung Tangani Mayat Pria Mirip Santoso

883
Pesona Indonesia
Pimpinan Mujahidin Indonesia Timur (MIT) Santoso alias Abu Wardah (tengah). Foto: YouTube
Pimpinan Mujahidin Indonesia Timur (MIT) Santoso alias Abu Wardah (tengah).
Foto: YouTube

batampos.co.id – Dua mayat pria anggota Mujahidin Indonesia Timur (MIT) telah sampai di Rumah Sakit Bhayangkara, Palu, Sulawesi Tengah, pukul 15.54 waktu Indonesia tengah (WITA). Selanjutnya, tim dari Disaster Victim Identification (DVI) langsung melakukan proses identifikasi.

“Jenazah baru tiba dievakuasi melalui udara dari Poso,” kata Direktur Eksekutif Disaster Victim Identification (DVI) Polri Kombes Anton Castilani saat dihubungi.

Anton telah mengutus dua spesialis dari DVI Mabes Polri. Yakni spesialis DNA dan spesialis ‎forensik sudah berada di Rumah Sakit Bhayangkara guna proses identifikasi.

Menurut dia‎, tugas kedua spesialis dari DVI Mabes Polri itu adalah memastikan identitas kedua mayat. Anton menjelaskan,‎ ada tiga tahapan identifikasi yang bisa dilakukan.

Pertama, DVI mengidentifikasi jenazah melalui pembandingan anatomi atau antropologis dengan gambar-gambar yang ada. Kedua, mengonfirmasi sidik jari dengan mencocokkan database milik Indonesia Automatic Fingerprint Identification System (INAFIS) Polri atau membandingkan fisik termasuk dari susunan gigi.

“Terakhir adalah pembandingan DNA dengan pihak keluarga atau kerabat dekat‎,” terang Anton.

Ia menjelaskan, pemeriksaan primer dengan identifikasi sidik jari hanya membutuhkan waktu sejam. Sedangkan fisik anatomi atau antropologis membutuhkan waktu kurang dari 24 jam. “Kalau DNA perlu waktu 2×24 jam,” imbuh Anton.(mg4/jpnn)

Respon Anda?

komentar