Pengadaan Tangga Pelabuhan Sungai Tenam Tunggu Pengesahan APBDP

1484
Pesona Indonesia
Jalan menuju Pelabuhan Sungai Tenam. foto:hasbi/batampos
Jalan menuju Pelabuhan Sungai Tenam. foto:hasbi/batampos

batampos.co.id – Kepala Bidang Laut dan Udara Dinas Perhubungan (Dishub) Lingga, Selamat, mengatakan untuk melengkapi fasilitas umum tangga Pelabuhan Sungai Tenam harus menunggu pengesahan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah Perubahan (APBD-P).

Hal ini mengingat telah diaktifkannya pelabuhan tersebut sebulan terakhir. Baik digunakan untuk transportasi laut reguler Sungai Tenam-Benan-Batam maupun feri reguler Tanjung Buton-Tanjungpinang sebagai pelabuhan transit. Belum tersedianya tangga pelabuhan yang memadai diakui Selamat cukup menyulitkan ruang gerak dan kenyamanan penumpang.

Pantauan dilapangan, terdapat dua dermaga kapal di lokasi tersebut. Satu pelabuhan kecil digunakan warga setempat sedangkan pelabuhan besar khusus untuk pelabuhan domestik. Sayangnya, di pelabuhan domestik yang dibangun sejak Kepri masih tergabung dengan Provinsi Riau tidak memiliki tangga. Yang tersedia hanya tangga stainless tegak setinggi 3 meter. Hal ini menyulitkan penumpang anak-anak, wanita maupun warga dengan kebutuhan khusus.

“Kita tunggu pengesahan APBD P dulu. Sesuai instruksi pak Bupati, tangga akan diakomodir melalui APBD P untuk segera dibangun. Kalau maunya kita lebih cepat lebih baik untuk kenyamanan bersama,” ungkap Selamat beberapa waktu lalu.

Sembari menunggu pengesahan APBD P Lingga yang belum diketahui kapan akan disahkan, Selamat menghimbau agar feri Arena 3 maupun Lingga Permai yang transit di jalur khatulistiwa tersebut agar menggunakan pelabuhan kecil.

“Kita himbau, sementara waktu armada Arena dan Lingga Permai memanfaatkan fasilitas dipelabuhan kecil yang memiliki tangga agar memudahkan penumpang,” tutup Selamat. (mhb/bpos)

Respon Anda?

komentar